Penulis Utama : Elsa Rakhmanita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1217023
Tahun : 2021
Judul : Implikatur Dalam Pemberitaan Covid-19 di Media Massa Digital dan Pemanfaatannya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K1217023
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) bentuk wacana dalam pemberitaan Covid-19 di media massa digital selama era pandemi; (2) bentuk dan fungsi implikatur dalam pemberitaan Covid-19 di media massa digital selama era pandemi; (3) pemanfaatan implikatur pemberitaan Covid-19 di media massa digital selama era pandemi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama..
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain analisis isi dokumen pada pengkajian implikatur. Sumber data pertama berupa dokumen, yang meliputi media digital video, yaitu televisi dan media online berupa teks tertulis melalui website portal berita. Sumber data kedua berupa informan, yaitu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis isi dokumen untuk sumber data berupa dokumen dan wawancara untuk sumber data informan. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi teori  dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif (interactive model of anlaysis) dan analisis mengalir (flow model of analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa  teks berita pada pemberitaan Covid-19 di media massa digital memiliki bentuk wacana eksposisi, wacana narasi, wacana deskripsi, dan wacana persuasi. Bentuk dan fungsi implikatur yang ditemukan, yaitu bentuk deklaratif dengan fungsi sindiran, bentuk deklaratif dengan fungsi kritikan, bentuk deklaratif dengan fungsi ajakan, bentuk interogatif dengan fungsi sindiran, bentuk interogatif dengan fungsi ajakan, bentuk imperatif dengan fungsi sindiran, bentuk imperatif dengan fungsi kritikan, bentuk imperatif dengan fungsi ajakan, bentuk interjeksi dengan fungsi sindiran, bentuk interjeksi dengan fungsi kritikan, dan bentuk interjeksi dengan fungsi ajakan. Implikatur pemberitaan Covid-19 di media massa digital selama era pandemi dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran teks berita kelas VIII Sekolah Menengah Pertama dalam bentuk bahan ajar.

Kata kunci: Implikatur, berita, Covid-19, bahan ajar

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
2. Chafit Ulya, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP