Penulis Utama : Aini Ulfah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4316002
Tahun : 2021
Judul : Perancangan Pembelajaran Daring Materi Klasifikasi Animalia dengan Video Pembelajaran Berbasis Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4316002
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui karakteristik pembelajaran daring materi klasifikasi Animalia dengan video pembelajaran berbasis TAPPS (2) mengetahui respon siswa dan guru terhadap pembelajaran daring materi klasifikasi Animalia dengan video pembelajaran berbasis TAPPS.
Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods). Subjek penelitian yaitu siswa kelas X MIPA SMA Negeri 8 Surakarta yang berjumlah 138 siswa, 2 guru mata pelajaran Biologi SMA Negeri 8 Surakarta, dan 10 guru anggota MGMP Biologi se-eks Karesidenan Surakarta. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes kognitif dari 147 responden pada 10 SMA eks Karesidenan Surakarta, wawancara terhadap guru mata pelajaran biologi di SMA Negeri 8 Surakarta untuk mengetahui informasi mengenai pembelajaran yang dikembangkan di kelas, dokumentasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah disepakati oleh forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan angket respon siswa dan guru terhadap video pembelajaran yang diisi secara online menggunakan media google form. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik  purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik persentase.
Karakteristik pembelajaran daring materi klasifikasi Animalia dengan video pembelajaran berbasis TAPPS yaitu video pembelajaran dibuat sesuai dengan indikator dari KD 3.3 dan 3.9 serta melatih 4 konsep dasar taksonomi,  menyajikan konsep-konsep yang dapat divisualisasikan, cara pembuatan kunci determinasi dan fenogram sehingga siswa lebih mudah mempelajari dan memahami materi klasifikasi Animalia, melalui pembagian peran sebagai problem solver dan listener serta sintaks dalam model pembelajaran TAPPS, suasana pembelajaran menjadi aktif. Hasil penelitian menunjukkan video pembelajaran berbasis TAPPS materi klasifikasi Animalia, mendapat respon positif baik dari siswa, guru mata pelajaran biologi SMA Negeri 8 Surakarta, dan guru MGMP biologi se-eks Karesidenan Surakarta serta capaian hasil belajar siswa ?75 yang sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM).


Kata Kunci: pembelajaran daring, klasifikasi Animalia, video pembelajaran, Think Aloud Pair Problem solving, TAPPS.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D
2. Puguh Karyanto, S.Si., M.Si, Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP