Penulis Utama : Rifaldo Miftahul Amrulloh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0317068
Tahun : 2022
Judul : Hubungan Modal Sosial dan Etos Kerja dengan Ketahanan Usaha Pedagang Pasar di Masa Pandemi COVID-19 (Studi pada Pedagang Pasar Ngudi Rejeki Gilingan Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Rifaldo Miftahul Amrulloh. D0317068. 2022. HUBUNGAN MODAL SOSIAL DAN ETOS KERJA DENGAN KETAHANAN USAHA PEDAGANG PASAR DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Pedagang Pasar Ngudi Rejeki Gilingan Kota Surakarta). Skripsi. Pembimbing: Dr. Supriyadi, S.N., S.U. Program Studi Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Modal sosial dan etos kerja merupakan bentuk modal penting yang harus dimiliki seorang pedagang pasar dalam rangka mencapai ketahanan usaha di masa pandemi COVID-19. Ketahanan usaha merupakan cara mempertahankan usaha di tengah ancaman yang muncul seperti terjadinya pandemi COVID-19. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui hubungan modal sosial dengan ketahanan usaha pedagang Pasar Ngudi Rejeki Gilingan, Kota Surakarta (2) mengetahui hubungan etos kerja dengan ketahanan usaha pedagang Pasar Ngudi Rejeki Gilingan, Kota Surakarta (3) mengetahui hubungan modal sosial dan etos kerja secara bersama-sama dengan pedagang Pasar Ngudi Rejeki Gilingan, Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan Teori Modal Sosial Putnam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional.  Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang Pasar Ngudi Rejeki Gilingan, Kota Surakarta dengan sampel yang diambil sebesar 71 orang. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment Pearson dan korelasi ganda. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara modal sosial dengan ketahanan usaha pedagang Pasar Ngudi Rejeki Gilingan, Kota Surakarta dengan tingkat derajat hubungan yang sedang (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara etos kerja dengan ketahanan usaha pedagang Pasar Ngudi Rejeki Gilingan, Kota Surakarta dengan tingkat derajat hubungan yang kuat (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara modal sosial dan etos kerja secara bersama-sama dengan ketahanan usaha pedagang Pasar Ngudi Rejeki Gilingan, Kota Surakarta dengan tingkat derajat hubungan yang kuat.

Kata Kunci : Modal Sosial, Etos Kerja, Ketahanan Usaha, Pedagang Pasar Gilingan 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover Skripsi_Rifaldo Miftahul Amrulloh_D0317068.pdf
BAB I Skripsi_Rifaldo Miftahul Amrulloh_D0317068.pdf
BAB II Skripsi_Rifaldo Miftahul Amrulloh_D0317068.pdf
BAB III Skripsi_Rifaldo Miftahul Amrulloh_D0317068.pdf
BAB IV Skripsi_Rifaldo Miftahul Amrulloh_D0317068.pdf
BAB V Skripsi_Rifaldo Miftahul Amrulloh_D0317068.pdf
Daftar Pustaka Skripsi_Rifaldo Miftahul Amrulloh_D0317068.pdf
Lampiran Skripsi_Rifaldo Miftahul Amrulloh_D0317068.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Supriyadi, S.N., S.U.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP