Penulis Utama : Yati Anwar Munawaroh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0916058
Tahun : 2021
Judul : Perancangan Batik Tulis Dengan Memanfaatkan Visual Graffiti
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Seni Rupa dan Desain - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Seni Rupa dan Desain-C0916058
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar belakang proyek Tugas Akhir ini adalah memanfaatkan visual graffiti menjadi motif batik tulis. Graffiti yang biasanya terdapat di ruang publik dibawa visualnya ke kain batik yang kental akan nilai- nilai tradisi.
Tujuan dari perancangan adalah menghasilkan variasi produk batik tulis dengan dengan memanfaatkan visual graffiti. Tahap yang dilakukan untuk mendapat visual graffiti yang mudah untuk dibatik adalah:1) menganalisa permasalahan untuk proyek perancangan agar ciri khas dari graffiti dan batik bisa tetap muncul, 2) mengeksplorasi pengolahaan visual dari graffiti. Perancangan direalisasikan menjadi dua produk berupa kain dan busana wanita usia 19-25 tahun.
Metode yang digunakan terdiri dari metode perancangan dengan teori Collin Clipson, konsep perancangan, dan visualisasi. Metode perancangan melewati tahap analisis permasalahan, strategi pemecahan masalah, pengumpulan data, dan menentukan gagasan awal perancangan. Konsep perancangan meliputi landasan pemikiran untuk perancangan tekstil . Visualiasasi yaitu tahap memvisualkan konsep rencana perancangan. Seluruh rancangan desain memanfaatkan visual graffiti menjadi motif utama. Tema untuk kata atau kalimat yang diolah menjadi graffiti menggunakan tema streetfood yang ada di Indonesia. Pengolahan nama streetfood Indonesia yang dieksplor menjadi graffiti diambil agar tetap mengangkat budaya yang ada di Indonesia dan tidak merusak nilai tradisi pada batik itu sendiri.  
 
Kata kunci : Batik Tulis, Graffiti, Streetfood

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Adji Isworo Josef, M.Sn
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain