Penulis Utama : Lanovia Rilahayu Putri
NIM / NIP : D0213053
×

Terdapat banyak cara dan media yang dapat dilakukan oleh seorang individu untuk menciptakan personal brand. Melalui perkembangan teknologi yang pesat, seorang individu dapat menciptakan personal brand melalui jejaring sosial. Salah satu media sosial yang digunakan untuk menciptakan suatu personal brand adalah Instagram. Melalui media sosial inilah, fashion influencer Diana Rikasari membangun personal brand melalui konten pada akun @dianarikasari. Personal brand yang dibangun kemudian membentuk persepsi bagi followers-nya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa banyak variabel kompetensi, gaya, dan standar yang muncul pada akun @dianarikasari dan seberapa kuat persepsi followers atas isi personal brand. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga dimensi pembentuk personal brand kuat menurut McNally&Speak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan pengumpulan data menggunakan coding sheet dan kuisioner. Sampel yang digunakan untuk analisis isi sebanyak 140 kiriman pada akun @dianarikasari, sedangkan untuk kuisioner sebanyak 100 responden menggunakan teknik quota sampling. Teknik analisis isi kuantitatif yang digunakan adalah analisis antar coder.
Berdasarkan hasil penelitian analisis isi, terdapat 128 konten yang termasuk pada variabel kompetensi dengan 103 unggahan menunjukkan indikator kemampuan dan 25 unggahan menunjukkan indikator prestasi. Terdapat 129 konten yang termasuk pada variabel gaya dengan 36 unggahan menunjukkan indikator ootd khas, 34 unggahan menunjukkan indikator fashion item, dan 59 unggahan menunjukkan indikator daily. Terdapat 129 konten yang termasuk pada variabel standar dengan 63 unggahan menunjukkan indikator konsistensi dan 66 unggahan menunjukkan indikator wearable.
Berdasarkan hasil penelitian pada persepsi followers, sebanyak 54 responden menyetujui bahwa kompetensi yang ditampilkan dalam akun @dianarikasari kuat, sebanyak 78 responden menyetujui bahwa gaya yang ditampilkan dalam akun @dianarikasari kuat, dan 54 responden menyetujui bahwa standar yang ditampilkan dalam akun @dianarikasari kuat. Dapat disimpulkan bahwa Diana Rikasari memiliki gaya yang kuat, yaitu memiliki ciri khas unik, colorful dan playful, dapat menjadi sumber inspirasi dan tren berbusana terutama bagi para followers-nya.

Kata Kunci: analisis isi kuantitatif, influencer, Instagram, personal brand, persepsi

 

×
Penulis Utama : Lanovia Rilahayu Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213053
Tahun : 2021
Judul : Personal Branding Fashion Influencer di Instagram (Analisis Isi Kuantitatif dari Dimensi - Dimensi Pembentuk Personal Branding dan Persepsi Followers terhadap Isi Akun Instagram @dianarikasari)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2021
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-D0213053
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Likha Sari Anggreni, S.Sos., M.Soc.Sc.
Penguji : 1. Sri Hastjarjo, S.Sos.,Ph.D. NIP.
2. Chatarina Heny Dwi Surwati, S.Sos., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.