Penulis Utama : Debora Pane
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0216026
Tahun : 2021
Judul : Difusi Inovasi Dalam Pembelajaran Daring (Studi Kuantitatif Difusi Inovasi Penggunaan Google Meet Untuk Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19 di Kalangan Mahasiswa S1 Reguler Angkatan 2017-2019 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-D0216026
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pandemi COVID-19 memaksa berpindahnya seluruh kegiatan belajar mengajar dari tatap muka secara konvensional menjadi jarak jauh (daring). Perpindahan ini membutuhkan suatu penyesuaian yang tidak mudah. Pembelajaran daring ini menimbulkan berbagai masalah, diantaranya tidak optimalnya proses belajar mengajar, serta komunikasi antara dosen dan mahasiswa menjadi terhambat. Setiap kegiatan harus dilakukan secara daring menggunakan platform pembelajaran. Salah satu program yang paling banyak digunakan untuk pembelajaran daring adalah Google Meet.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat persepsi mahasiswa terhadap inovasi Google Meet serta saluran komunikasi yang berpengaruh dalam penyebaran informasi tentang Google Meet.
Teori yang digunakan adalah teori Difusi Inovasi oleh Everett M. Rogers. Dalam teori ini, persepsi inovasi diukur dalam lima atribut, diantaranya adalah keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba, dan kemungkinan diamati. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Setiap aitem atribut inovasi yang menjadi indikator akan diukur menggunakan skala Likert 5 poin. Penelitian dilakukan pada 285 responden mahasiswa S1 Reguler FISIP UNS angkatan 2017-2019.
Rerata skor untuk keuntungan relatif (3,50), kesesuaian (3,85), kerumitan (4,23), kemungkinan dicoba (4,18), dan kemungkinan diamati (3,85). Sumber informasi yang berpengaruh menyebarkan Google Meet adalah pengajar/dosen (32,7%), teman sejawat (31,1%), media massa (17,6%), kelompok/komunitas (15,8%) dan keluarga (2,9%).

Kata kunci: Pembelajaran Daring, Google Meet, Difusi Inovasi, Mahasiswa

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP