Penulis Utama : Aqilatama Aryaputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0217015
Tahun : 2022
Judul : Pandemi dan Perubahan Komunikasi Pendidikan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Aqilatama Aryaputri, 2021. D0217015. PANDEMI DAN PERUBAHAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN (Studi Kualitatif Perubahan Komunikasi Pendidikan Masyarakat Usia Pelajar di Masa Pandemi Covid-19 di Desa Candi Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun 2021). Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan komunikasi di ranah Pendidikan yang dialami oleh pelajar yang berdomisili di Desa Candi, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah setelah adanya pandemi Covid-19 di Indonesia. Penelitian ini akan menjabarkan mengenai perubahan-perubahan yang terjadi dan dialami oleh siswa pelajar yang berdomisili di Desa Candi dalam proses pembelajaran sehari-hari. Penjabarannya akan membandingkan antara sebelum pandemi Covid-19 dengan setelah adanya pandemi Covid-19.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Narasumber penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 6 (enam) orang narasumber. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi, teori komunikasi pendidikan, dan media baru.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa perubahan pada cara pelajar di Desa Candi dalam menerima pelajaran pada sebelum dan setelah pandemi Covid-19. Setelah pandemi proses pembelajaran dilakukan secara daring dan banyak menggunakan tipe asynchronous. Hal ini berefek pada menurunnya tingkat pemahaman murid terhadap materi yang disampaikan jika dibandingkan dengan sebelum pandemi.

Kata Kunci: Komunikasi, Komunikasi Pendidikan, Media Baru, Covid-19

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hamid Arifin, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP