Penulis Utama : Safira Nadia Ramadhanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4316057
Tahun : 2021
Judul : Scoping Review Tentang Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi yang Berkaitan Dengan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4316057
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, evaluasi dan interpretasi dari penelitian terdahulu yang memiliki topik pengembangan modul pembelajaran biologi yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari review ini adalah untuk memetakan bukti terkait modul pembelajaran biologi yang telah dikembangkan oleh peneliti dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari tipe modul, model pembelajaran yang digunakan dan hubungan antara indikator berpikir kritis dengan model pembelajaran yang digunakan.
Penelitian ini merupakan review artikel menggunakan metode scoping review yang dikembangkan oleh Arksey dan O'Malley. Sampel penelitian ini adalah artikel hasil penelitian yang telah dipublikasi oleh peneliti terdahulu yang memiliki topik pengembangan modul pembelajaran biologi yang berkaitan dengan pemberdayaan kemampuan berpikir kritis siswa. Pencarian artikel penelitian dilakukan melalui database online seperti Google scholar, repository universitas dan laman jurnal nasional dengan mengikuti metode Prisma-scr. Terdapat 21 artikel yang digunakan dalam penelitian ini dengan rentang tahun 2011-2020.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebanyak 20 artikel merupakan pengembangan modul dengan tipe media cetak dan 1 artikel dengan tipe non cetak. Model pembelajaran yang paling banyak digunakan untuk mengembangkan modul adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing dan problem based learning (PBL). Model pembelajaran yang memiliki nilai peningkatan berpikir kritis tertinggi berdasarkan peningkatan nilai pretes dan postes siswa adalah model PBL pada artikel N2 dengan nilai 53,2. Dari keenam aspek indikator berpikir kritis menurut Facione, aspek yang memiliki nilai tertinggi adalah aspek interpretasi yaitu artikel N15 dengan nilai pebingkatan pretes dan postes siswa sebesar 63,7. Artikel N15 mengembangkan modul pembelajaran biologi berbasis model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, modul pembelajaran biologi, scoping review  

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Joko Ariyanto, S.Si., M.Si.
2. Nurmiyati, S.Pd., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP