Penulis Utama : Felixtian Teknowijoyo
NIM / NIP : S811708002
×

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan bahan ajar yang selama ini digunakan di SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta. (2) Mendeskripsikan pengembangan bahan ajar digital berbasis Google Edukasi pada mata pelajaran IPA untuk siswa di SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta. (3) Mendeskripsikan kelayakan bahan ajar digital berbasis Google Edukasi pada mata pelajaran IPA untuk siswa di SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta. (4) Mendeskripsikan keefektifan bahan ajar digital berbasis google edukasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta.
Metode penelitian ini mengadopsi model pengembangan desain ADDIE yang meliputi lima tahap yakni Tahap pertama, Studi Pendahuluan meliputi studi pustaka, studi lapangan, analisis kebutuhan guru dan siswa. (2) Tahap kedua Desain meliputi: Desain bahan ajar digital berbasis google edukasi. (3) Tahap ketiga, Pengembangan meliputi : draf awal produk, validasi ahli, uji coba keterbacaan produk; (4) Tahap keempat Implementasi meliputi implementasi bahan ajar digital berbasis google edukasi serta (5) Tahap kelima, Evaluasi meliputi uji prasarat dan uji keefektifan bahan ajar digital melalui google edukasi.
Hasil penelitian : (1) Bahan ajar yang digunakan selama ini masih berpatokan pada buku teks. Hasil riset membuktikan bahwa bahan ajar yang monoton berdampak pada rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. (2) Bahan ajar digital berbasis google edukasi dikembangkan menggunakan desain ADDIE melalui lima tahap yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. (3) Bahan ajar digital berbasis google edukasi memenuhi kriteria valid ditunjukkan oleh penilaian ahli yakni validasi bahan ajar memperoleh skor 4,7 dengan kategori sangat valid, ahli materi dengan skor 4,7 dengan kategori sangat valid, ahli media dengan skor 4,3 dengan kategori valid serta memenuhi kriteria praktis yang ditunjukkan oleh hasil uji coba lapangan dengan skor 4,14 dengan kategori praktis dan keterlaksanaan bahan ajar dalam proses pembelajaran . (4) Bahan ajar digital berbasis google edukasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta memenuhi kriteria Efektif dibuktikan dengan hasil uji statistik melalui SPSS 20 diperoleh taraf signifikansi sebesar 0,001 < 0>> ttabel 1,699 maka Ho ditolak dan H1 diterima atau kelas eksperimen yang menggunakan bahan ajar digital berbasis google edukasi mempunyai hasil berpikir kritis lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.

Kata Kunci : Bahan, Ajar, Digital, Google, Edukasi.

 

×
Penulis Utama : Felixtian Teknowijoyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811708002
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Google Edukasi pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S811708002
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sunardi, M.Sc.
2. Prof. Drs. Gunarhadi, M.A., Ph.D.
Penguji : 1. Dr. Triana Rejekiningsih, M.Pd
2. Dr. Herry Widyastono, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.