Penulis Utama : Risky Kurniawan Presetyo Adi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2516056
Tahun : 2021
Judul : Analisis Pengaruh Bentuk Airfoils dan Pembebanan Terhadap Performa Turbin Angin Sumbu Horizontal Skala Mikro pada Kecepatan Angin Rendah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K2516056
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kebutuhan akan energi khususnya energi listrik di Indonesia sangatlah besar, dan setiap tahunnya mengalami peningkatan. Pengembangan turbin angin sumbu horizontal skala mikro dapat menjadi solusi akan hal tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari variasi bentuk airfoils pada bilah dan juga pemberian beban terhadap performansi pada turbin angin sumbu horizontal skala mikro.
Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode eksperimen dan dilaksanakan di laboratorium Wind Tunnel Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan bilah dengan bentuk airfoils NACA 1412, NACA 3415, dan NACA 5415  dengan pembebanan berupa lampu LED sebesar 12v dan 24v. Tiap-tiap bilah memiliki dimensi 500 mm x 70 mm dengan menggunakan material nilon dan kayu mahoni. Penelitian ini dilakukan pada kecepatan angin 1 m/s sampai dengan 5 m/s.
Hasil dari penelitian ini ialah bilah dengan airfoils NACA 1412 memiliki daya yang dihasilkan oleh turbin angin tertinggi di antara airfoils NACA 3415 dan NACA 5415 yakni sebesar 11,059 Watt pada pembebanan 24v dan memiliki nilai performansi daya tertinggi yakni 0,557 atau 55,7% pada pembebanan 12v. Dari hasil ini menunjukkan bahwa bentuk airfoils pada bilah turbin angin sumbu horizontal skala mikro memiliki pengaruh yang signifikan terhadap performa dari turbin angin, dan pemberian beban pada turbin angin sumbu horizontal skala mikro juga mempengaruhi performa dari turbin angin.

Kata kunci: turbin angin sumbu horizontal skala mikro, performansi, airfoils,
             NACA airfoils, pembebanan

 

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Herman Saputro, M.Pd., M.T.
2. Ngatou Rohman, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP