Penulis Utama : Ahmadi Budi Utomo
NIM / NIP : C9518005
×

Dalam era masyarakat yang serba canggih ini hampir seluruh berbagai kalangan masyarakat telah memiliki piranti telekomunikasi seperti smartphone dengan berbagai platform media sosial, tak terkecuali anak dan remaja. Hal ini membuat globalisasi dan sosial makin berkembang pesat. Namun dalam penggunaannya, tidak semua anak dan remaja mengerti cara mengkomunikasikan sesuatu yang baik dan sesuai dengan norma yang berlaku. Bahkan seringkali kita menjumpai banyak konten dan komentar yang tidak mendidik yang terposting di media sosial makin marak dan menjamur. Bukan hanya dibuat oleh orang dewasa yang tidak bertanggung jawab saja, bahkan anak dan remaja pun ikut membuat konten dan berkomentar negatif serta ikut menyebarkannya secara berantai.

Beberapa waktu yang lalu beredar berita yang mengatakan bahwa warga internet Indonesia dicap paling tidak sopan se-Asia Tenggara menurut survey dari Lembaga Microsoft. Tidak lama kemudian, halaman sosial media Microsoft langsung dibanjiri komentar-komentar negatif dari warga internet Indonesia lantaran tidak terima dengan penyataan survey tersebut. Ternyata sebagian besar yang melontarkan komentar negatif tersebut berasal dari anak dan remaja Indonesia.

Hal ini berarti menunjukan bahwa kasus permasalahan akal moral anak dan remaja saat ini tidaklah semestinya. Komentar negatif ini bukan hanya komentar yang berisi caci makian saja tetapi juga kata-kata yang mengandung unsur seksual, kata-kata kotor, menyebut dengan sebutan hewan atau ujaran, kebencian terhadap sesama secara berlebihan serta lelucon yang tidak pantas. Hal ini tentu perlu menjadi perhatian bagi semua kalangan.

Memang perisriwa seperti ini sudah menjamur di negeri ini dan terkadang sulit bagi orang tua atau guru di sekolah untuk menangani hal semacam ini. Rendahnya kedewasaan, wawasan, kecerdasan dan moral membuat anak dan remaja bebas tanpa aturan saat bersosial media. Faktor internal dari dalam diri mereka inilah yang harus diperbaiki.

Infografis dengan ilustrasi yang unik dan keren dapat menjadi solusi untuk media edukasi dan motivasi yang lebih menyenangkan. Dengan membuat informasi dengan bahasa yang kekinian dan mudah dimengerti serta gambar atau foto yang menarik membuat anak dan remaja dengan mudahnya memahami informasi. Tidak menutup kemungkinan juga bila nantinya mereka akan memamerkan dan menyebarkannya kepada teman-teman yang lain.

Infografis ini dapat disajikan dalam bentuk digital dengan macam tema yang berbeda-beda. Dengan demikian projek Tugas Akhir berjudul “Perancangan Infografis Kampanye Berkomentar yang Baik di Sosial Media untuk Anak dan Remaja” ini akan menjadi media informasi dan edukasi untuk anak dan remaja Indonesia yang menyenangkan.

×
Penulis Utama : Ahmadi Budi Utomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9518005
Tahun : 2021
Judul : Perancangan Infografis Kampanye Berkomentar yang Baik di Sosial Media untuk Anak dan Remaja
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : D-3 Desain Komunikasi Visual
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Infografis anak, Infografis remaja, Infografis sosial media, Infografis edukasi, Infografis iklan masyarakat, Infografis kampanye, Kampanye anak, Kampanye remaja, Kampanye edukasi, Kampanye sosial media, Komentar sosial media, Komentar positif
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Hermansyah Muttaqin, S.Sn., M.Sn.
Penguji : 1. Alfan Setyawan, S.Sn., M.Sn
2. Jauhari Lantip, S. Sn., M. Sn.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.