Penulis Utama : Diah Maharani
NIM / NIP : F1118018
×

Munculnya Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa bagi seluruh sektor. Sektor transportasi menjadi salah satu sektor yang terdampak di masa pandemi Covid-19, bahkan menjadi sektor yang mengalami kontraksi paling tinggi. Hal ini tentunya berpengaruh juga terhadap penghasilan driver yang bekerja di sektor transportasi. Transportasi online yang paling banyak diminati di Indonesia adalah Gojek dan Grab, keduanya pun di masa pandemi ini mengalami penurunan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik dan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pendapatan driver online Go-Food dan Grab-Food. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis descriptive crosstab (tabulasi silang) dan analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah para driver online Go-Food dan Grab-Food di Kota Surakarta, dengan jumlah sampel sebanyak 70 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode snow ball sampling.
Hasil analisis tabulasi silang menunjukkan bahwa dari 70 responden, mayoritas responden berusia di atas 40 tahun, bekerja selama 11-15 jam, rata-rata orderan sebanyak 1-5 orderan dengan jarak total 1-5 km setiap harinya. Jumlah orderan dan jarak tempuh yang seperti itu, driver online Go-Food dan Grab-Food hanya mendapatkan penghasilan di bawah Rp1.000.000,-, sedangkan untuk responden yang berpenghasilan tertinggi, yakni sebesar Rp2.000.000,- s.d. Rp2.499.999,- hanya berjumlah 3 orang. Hasil analisis regresi linear berganda, secara parsial, jarak tempuh dan jumlah orderan mempunyai pengaruh positif dan signifikan, sedangkan usia dan tingkat pendidikan tidak berpengaruh secara signifikan, lama jam kerja dan jumlah rumah makan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pendapatan driver online Go-Food dan Grab-Food. Uji Koefisien determinasi (adjusted R2) sebesar 0,631. Hal ini berarti pengaruh variabel-variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen sebesar 63,10%. Rekomendasi penelitian ini adalah : a) perusahaan transportasi online sebaiknya lebih memperhatikan keadaan para driver, karena driver adalah mitra perusahaan, b) para driver online diharapkan dapat mengembangkan kreativitasnya kepada usaha lain, agar tidak hanya berpatok pada pendapatan dari satu sumber penghasilan.

Kata kunci: transportasi online, pandemi, crosstab

 

×
Penulis Utama : Diah Maharani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1118018
Tahun : 2021
Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pendapatan Driver Online Go-Food dan Grab-Food pada Masa Pandemi di Karesidenan Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2021
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-F1118018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Izza Mafruhah, S.E.,M.Si
Penguji : 1. Dra. Nunung Sri Mulyani, M.Si
2. Nurul Istiqomah, SE. M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.