Penulis Utama : Rahni Suja Riwayat
NIM / NIP : K4416055
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan: (1) Perkembangan batik Adipurwo di Kabupaten Purworejo tahun 2013-2019; (2) Makna yang terkandung dalam motif batik Adipurwo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah (historis). Langkah-langkah yang ditempuh adalah heuristik, kritik, intrepretasi dan historiografi. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer yang digunakan berupa data pelatihan batik dari Koperasi Adipurwo Raharjo, data dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo, foto kegiatan pelatihan batik, nota penjualan dan pembelian serta wawancara. Sedangkan sumber sekunder menggunakan majalah, skripsi dan jurnal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis menggunakan teknik analisis data historis yang mengutamakan ketajaman dalam intrepretasi sejarah.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Batik Adipurwo mulai dikembangkan sejak tahun 2012 melalui pelatihan batik di UPT BLK Purworejo. Batik Adipurwo semakin berkembang pesat sejak tahun 2013 hingga pertengahan tahun 2017. Batik Adipurwo dijadikan sebagai salah satu seragam ASN dan seragam sekolah dari SD, SMP, dan SMA. Penjualan batik Adipurwo telah merambah hingga kota dan luar negeri seperti Jogyakarta, Jakarta, Kalimantan, Singapura, dan Perancis. Perkembangan batik Adipurwo mulai mengalami kemunduran sejak pertengahan tahun 2017. Hal ini disebabkan munculnya batik printing di Kabupaten Purworejo menggeser batik Adipurwo yang dibuat dengan proses canting dan cap. Pemakaian batik dengan batik Adipurwo tetap ada hingga sekarang sesuai dengan pemesanan pembeli; (2) Motif batik Adipurwo memiliki makna menggambarkan beberapa potensi yang ada di Kabupaten Purworejo seperti kebudayaan, pertanian dan peternakan, makanan khas, serta tempat wisata. Pengambilan potensi tersebut diharapkan dapat mengenalkan dan menjaga kelestarian budaya yang terdapat di Kabupaten Purworejo. Adipurwo berasal dari dua kata “adi” yang berarti unggul, berbudi luhur dan “purwo” yang berarti Purworejo, lama. Jadi adipurwo bermakna sesuatu yang unggul dari Kabupaten Purworejo dan merupakan budaya lama yang memiliki keindahan dan nilai seni yang tinggi.

Kata kunci : Motif Batik, Batik Adipurwo, Purworejo

 

×
Penulis Utama : Rahni Suja Riwayat
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4416055
Tahun : 2021
Judul : Perkembangan dan Makna Motif Batik Adipurwo di Kabupaten Purworejo Tahun 2013-2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4416055
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Leo Agung S., M.Pd.
2. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Sutiyah, M.Pd., M.Hum
2. Isawati, S.Pd., M.A
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.