Penulis Utama : Muhammad Alhadika
NIM / NIP : S151908007
×

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui eksistensi budaya lokal suku sasak di era globalisasi, 2) Mengetahui proses penerapan strategi pariwisata budaya dalam mempertahankan nilai-nilai budaya lokal suku sasak di era globalisasi, 3) Mengetahui strategi pariwisata budaya dalam mempertahankan nilai-nilai budaya lokal suku sasak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di era globalisasi saat ini, masyarakat lokal suku sasak sade masih tetap mempertahankan dan menerapkan berbagai macam kebudayaan ataupun tradisi dalam lingkungan sosialnya. Desa Adat Sade merupakan salah satu desa wisata budaya yang masih bertahan di era globalisasi saat ini. Dalam mempertahankan nilai-nilai budaya lokal suku sasak, Desa Adat Sade membentuk suatu kelembagaan khusus yang berperan untuk memberikan dukungan dalam penerapan Desa Adat Sade seabagai desa wisata budaya. Selain itu juga kelembagaan tersebut mempunyai peran dalam memberikan wawasan tentang budaya lokal suku sasak kepada generasi muda. Dengan ditetapkannya desa sade sebagai desa wisata budaya, maka hal ini akan berpengaruh terhadap ketahanan eksistensi dari budaya lokal suku sasak di era globalisasi saat ini. Dengan bertahannya suatu budaya lokal maka akan diikuti juga dengan bertahannya nilai-nilai budaya lokal yang terkandung di dalamnya.

Dalam budaya ataupun tradisi pada masyarakat lokal suku sasak Sade, terdapat beberapa nilai kebudayaan yang mencerminkan karakter warga Negara yang baik, salah satunya yakni sikap gotong royong. Nilai gotong royong ini terlihat sangat kental dalam setiap pelaksaan budaya ataupun tradisi yang ada pada masyarakat lokal suku sasak sade. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, 1) eksistensi budaya lokal suku sasak sade di era globalisasi saat ini masih bertahan dengan baik, 2) dalam penerapan strategi pariwisata budaya, Desa Adat Sade membentuk suatu kelembagaan khusus, 3) strategi pariwisata budaya mampu mempertahankan nilai-nilai budaya lokal suku sasak sade di era globalisasi saat ini.

×
Penulis Utama : Muhammad Alhadika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S151908007
Tahun : 2022
Judul : Strategi Mempertahankan Nilai-nilai Budaya Lokal Suku Sasak Melalui Pariwisata Budaya di Era Globalisasi (Studi Kasus di Desa Adat Sade)
Edisi :
Imprint : surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Budaya Lokal, Nilai Budaya, Suku Sasak
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/3185
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.Hassan Suryono,S.H.,M.H.,M.Pd.
2. Dr. Muhammad Hendri Nuryadi, S.Pd.,M.Sc.
Penguji : 1. Prof. Dr. Triyanto, SH.MHum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.