Penulis Utama : Rudi Permono Putro
NIM / NIP : S441708010
×

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) semiotika Riffaterre yang terdapat dalam Serat Wedhatama pupuh Gambuh, (2) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Serat Wedhatama pupuh Gambuh, serta (3) relevansi semiotika riffaterre  dan  nilai  pendidikan  karakter  yang terdapat  dalam  serat  wedhatama pupuh gambuh dengan pembelajaran bahasa Jawa di Sekolah Menengah Atas.
Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  semiotik  Riffaterre  melalui
pembacaan heurisik dan hermeneutik. Sumber data dalam penelitian ini berupa Sêrat Wedhatama pupuh Gambuh, dokumen, buku, artikel ilmiah dan narasumber. Teknik pengumpulan data yang diterapkan meliputi analisis dokumen dan wawancara. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling atau sampling bertujuan, yakni mengambil sampel yang merepresentasikan semiotika Riffaterre dalam bentuk pembacaan heursitik dan hermeneutik, nilai pendidikan karakter serta pemanfaatannya sebagai materi pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Menengah Atas. Uji validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi  sumber  data.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah  model analisis interaktif Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini antara lain: (1) Secara umum, pembacaan heursitik dan hermeneutik dalam Sêrat Wedhatama pupuh Gambuh berisi  ajaran-ajaran  religius  yang  berkaitan  dengan  tingkah  laku  serta  cara manusia yang harus ditempuh untuk mencapai keselarasan dan kesejatian hidup sebagai  makhluk  Tuhan  sehingga  dapat  menjadi  manusia  yang  paling  dekat dengan  Tuhan  melalui  empat  macam  sembah:  sembah  raga;  sembah  cipta; sembah jiwa; dan sembah rasa. (2) Nilai pendidikan karakter yang ditemukan merupakan 5 karakter utama penguatan pendidikan karakter program pemerintah: nilai religius, nilai nasionalis, nilai mandiri, nilai gotong-royong, dan nilai integritas. Nilai yang paling sering muncul yaitu nilai religius. (3) Sêrat Wedhatama pupuh Gambuh mengandung struktur semiotik riffaterre melalui pembacaan heuristik dan hermeneutik sehingga memunculkan arti dan makna objek kajian secara mendalam serta nilai pendidikan karakter yang relevan jika dimanfaatkan sebagai materi ajar berbasis karakter di Sekolah Menengah Atas karena memiliki kesesuaian dengan Kompetensi Dasar.

Kata kunci: naskah Sêrat Wedhatama pupuh Gambuh, semiotika Riffaterre, nilai pendidikan karakter, pembelajaran bahasa Jawa

 

×
Penulis Utama : Rudi Permono Putro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S441708010
Tahun : 2021
Judul : Semiotika dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Serat Wedhatama Pupuh Gambuh serta Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Jawa di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S441708010
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.
2. Dra. Ani Rakhmawati, M.A., Ph.D.
Penguji : 1. Dr. Kundharu Saddhono, M.Hum.
2. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.