Penulis Utama : Isti Nur Chasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0616018
Tahun : 2021
Judul : Kajian Estetika Seni Keramik Klampok Banjarnegara (Studi Kasus pada Perusahaan Keramik Usaha Karya)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Seni Rupa dan Desain - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Seni Rupa dan Desain-C0616018
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Salah satu daerah sentra keramik di Indonesia adalah Klampok yang terdapat di Kabupaten Banjarnegara. Perusahaan Keramik Usaha Karya merupakan perusahaan yang berdiri pada tahun 1969, dengan karakteristik karya yang berbeda dengan perusahaan lain di Klampok membuat perusahaan mampu pertahan hingga kini. Permasalahan yang dikaji serta dibahas dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana latar belakang perkembangan Keramik Usaha Karya Klampok Banjarnegara. (2). Bagaimana proses penciptaan serta karakteristik bentuk rupa Keramik Usaha Karya Klampok Banjarnegara. (3). Bagaimana nilai- nilai estetik yang terkandung pada Keramik Usaha Karya Klampok Banjarnegara. Dimana nantinya dari ketiga rumusan tersebut diharapkan dapat mencapai tujuan dari penelitian ini, yang meliputi (1). Untuk menggali latar belakang perkembangan keramik Klampok serta Keramik Usaha Karya Klampok sejak awal kemunculannya sampai sekarang. (2). Untuk memahami proses penciptaan keramik Usaha Karya Klampok serta mendeskripsikan karakteristik bentuk rupa keramik Usaha Karya Klampok. (3). Untuk mengkaji nilai-nilai estetika yang terkandung dalam keramik Usaha Karya Klampok Banjarnegara.
Berdasarkan permasalahan yang dikaji, jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus instrumental. Karena tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi secara mendetail dan dalam bentuk pemaparan secara rinci, maka metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun perolehan data dilakukan dengan observasi lapangan, melalui wawancara dan sumber dari dokumen.
Perusahaan Keramik Usaha Karya merupakan salah satu perusahaan terua di Klampok, dimana perusahaan ini berdiri pada tahun. Dalam perkembangannya perusahaan ini mengalami pasang surut. Pada tahun 1990-an hingga 2010 merupakam masa kejayaan. Sedangkan pada masa kini perkembangannya cukup stabil jika dibanding dengan perusahaan lain. Dalam produksinya perusahaan Keramik Usaha Karya hampir sama dengan perusahaan lainnya karena pada dasarnya itu perupakan teknik dasar dalam pembuatan keramik. Perbedaan yang terdapat pada perusahaan ini adalah karakteristik produk yang dihasilkan. Dalam pemakaian hiasan ornamen perusahaan memiliki ciri karya yang berlubang serta banyak menggunakan motif kerawang daun, sedangkan pada warna glasir cenderung menggunakan warna gelap. Dari berbagi karya yang diproduksi, perusahaan Keramik Usaha Karya memiliki produk dengan berbagai tema diantaranya tema binatang, kaligrafi serta karya yang memiliki karakteristik khusus.

Kata Kunci: Keramik, Nilai Estetika, Klampok, Banjarnegara.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Setyo Budi, M.Sn.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain