Penulis Utama : Dewi Wulandari
NIM / NIP : S151808005
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan karakteristik bahan ajar PPKn yang digunakan siswa  kelas VII SMP Negeri Kota Surakarta; 2) mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar PPKn untuk meningkatkan civic disposition siswa kelas VII; 3) mendeskripsikan pengembangan bahan ajar PPKn untuk meningkatkan civic disposition siswa kelas VII; dan 4) menguji keefektifan bahan ajar PPKn untuk meningkatkan civic disposition siswa kelas VII.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D). Tekhnik analisis data meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat terdiri dari uji homogenitas, uji normalitas dan uji keseimbangan, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t test.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) karakteristik bahan ajar PPKn yang digunakan siswa  lebih cenderung mengarah pada self-contained; 2) Analisis kebutuhan bahan ajar untuk meningkatkan civic disposition dilakukan terhadap siswa dan guru. Kemampuan sikap kewarganegaraan siswa terhadap nilai-nilai dan moral tertentu yang terkandung dalam materi pembelajaran PPKn masih rendah, seperti rendahnya sikap tanggungjawab, sikap peduli terhadap lingkungan, sikap peduli sosial, sikap religious, taat hukum, sikap demokratis, semangat kebangsaan dan cinta tanah air, sehingga dibutuhkan pengembangan bahan ajar yang mampu meningkatkan civic disposition siswa kelas VII; 3) pengembangan bahan ajar PPKn untuk meningkatkan civic disposition dilakukan melalui 3 (tiga) tahap penelitian dan pengembangan, yang meliputi tahap pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap pengujian. Tahap pendahuluan dilakukan dengan menganalisis karakteristik bahan ajar PPKn yang selama ini digunakan dan menganalisis kebutuhan bahan ajar untuk meningkatkan civic disposition siswa kelas VII. Tahap pengembangan dilakukan dengan menyusun rancangan produk, menyusun draft bahan ajar yang di dalamnya berisi “role models for students” dalam bentuk biografi tokoh Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta serta karya fiksi cerpen fabel, melakukan validasi ahli/pakar, melakukan uji coba secara terbatas dan mengevaluasinya, melakukan uji coba luas dan melakukan perbaikan final bahan ajar. Tahap pengujian dilakukan untuk menguji keefektifan dari produk yang berhasil dikembangkan; 4) Bahan Ajar PPKn untuk Meningkatkan Civic Disposition efektif digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan kompetensi sikap kewarganegaaan siswa dalam mata pelajaran PPKn kelas VII SMP Negeri Kota Surakarta.  

 

 

×
Penulis Utama : Dewi Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S151808005
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Civic Disposition (Studi Kasus pada SMP Negeri di Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : Bahan ajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Civic disposition.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Triyanto, SH.,M.Hum
2. Dr. Winarno, S.Pd.,M.Si.
Penguji : 1. Dr. Moh. Muchtarom, S.Ag.,M.Si
2. Dr. Triana Rejekiningsih, SH.,KN.,M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.