Penulis Utama : Zerly Agrisdian
NIM / NIP : S531908063
×

Latar Belakang : Karbohidrat merupakan zat gizi yang dibutuhkan selama kehamilan. Peningkatan kebutuhan selama kehamilan menyebabkan ibu hamil mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan akibat adanya emotional eating dan kualitas tidur yang buruk. Peningkatan emotional eating dan kualitas tidur yang buruk diduga dapat disebabkan karena tingkat kecemasan yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran mediator emotional eating dan kualitas tidur pada hubungan antara kecemasan dengan asupan karbohidrat pada ibu hamil trimester II dan III.

 

Metode : Jenis penelitian ini yaitu survei analitik dengan rancangan cross-sectional pada 105 ibu hamil trimester II dan III di Kabupaten Bondowoso yang diambil dengan teknik multistage random sampling. Dalam penelitian ini variabel eksogen adalah kecemasan, variabel endogen adalah asupan karbohidrat, serta variabel mediator adalah emotional eating dan kualitas tidur. Pengambilan data menggunakan Hammilton  Anxietas Rating Scale (HARS), Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI), Emotional Eater Questionnaire (EEQ), dan formulir food recall 24 jam. Data dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan aplikasi STATA 14.   

 

Hasil : Ada peran mediator emotional eating  dan kualitas tidur pada hubungan antara kecemasan dengan asupan karbohidrat (p-value 0,009). Emotional eating berperan sebagai mediator pada hubungan antara kualitas tidur dengan asupan karbohidrat (p-value 0,038). Kualitas tidur berperan sebagai mediator pada hubungan antara kecemasan dengan emotional eating (p-value 0,004). Ada hubungan langsung kecemasan dengan kualitas tidur dan emotional eating (p-value <0>emotional eating (p-value 0,001). Ada hubungan langsung kecemasan dan emotional eating dengan asupan karbohidrat (p-value 0,001 dan 0,007). Tidak ada hubungan langsung kualitas tidur dengan asupan karbohidrat (p-value 0,835).

 

Kesimpulan : Penelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas tidur memediasi hubungan tidak langsung kecemasan dengan emotional eating, emotional eating memediasi hubungan tidak langsung kualitas tidur dengan asupan karbohidrat, serta kualitas tidur dan emotional eating memediasi hubungan tidak langsung kecemasan dengan asupan karbohidrat ibu hamil trimester II dan III.

×
Penulis Utama : Zerly Agrisdian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S531908063
Tahun : 2022
Judul : Peran Mediator Emotional Eating dan Kualitas Tidur pada Hubungan antara Kecemasan dengan Asupan Karbohidrat Ibu Hamil Trimester II dan III.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Program Studi : S-2 Ilmu Gizi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kecemasan, kualitas tidur, emotional eating, asupan karbohidrat, ibu hamil
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Ari Natalia Probandari, dr., MPH., PhD
2. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr. M.Pd
Penguji : 1. Dr. Tri Rejeki Andayani, S.Psi., M.Si
2. Dr. Sri Mulyani, S.Kep., Ns., M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.