Penulis Utama : Qonita Majid
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4315047
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Board Game Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Transpor Membran Sel
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4315047
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan board game dengan materi transpor membran sel dan melakukan uji respon board game oleh ahli. Penelitian ini merupakan jenis penelitian mixed method. Board game atau papan permainan ini dikembangkan untuk siswa kelas XI IPA menggunakan learning progression.
Desain penelitian yang digunakan mengadopsi penelitian Arnel A. Gutirez. Langkah yang digunakan dalam penelitian ini antara lain tahap persiapan, pengembangan game dan uji respon oleh ahli. Uji respon dilakukan dengan menyebarkan angket kepada validator/ahli menggunakan Google Form. Angket menilai tentang konten, petunjuk, serta tampilan dan desain media. Analisis validitas instrumen dengan lima buah pilihan menggunakan skala Likert (Likert scale), diberikan empat buah pilihan antara rentang tidak setuju, kurang setuju, setuju, dan sangat setuju.
Hasil analisis data skala peringkat menggunakan Model Rasch dapat menunjukkan bahwa validitas skor yang dipilih responden menunjukkan bahwa nilai rata-rata observasi menunjukkan perbedaan yang signifikan dimulai dari logit -0.32 untuk pilihan skor 1 (tidak setuju), kemudian 0.96 untuk pilihan cukup setuju, 2.58 untuk pilihan setuju dan 5.69 untuk pilihan sangat setuju. Antara pilihan tersebut terjadi kenaikan logit yang menandakan bahwa skala pada angket yang digunakan tergolong bagus. Nilai rata-rata Adrich Treshold dimulai dari nilai none, negatif -3.54 menuju positif 4.17 menunjukkan bahwa opsi jawaban dari responden sudah valid yang artinya board game dapat digunakan.

Kata kunci: board game, transpor membran sel, learning progression, model rasch

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Murni Ramli, S.P., M.Si., Ed.D.
2. Prof. Dr. Maridi, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP