Penulis Utama : Afif Muchlisin
NIM / NIP : S251808002
×

Angka putus sekolah di Surakarta masih mencapai lebih dari 1000 anak. Tak sedikit penyebab putus sekolah mereka, beberapa hal yang sangat dominan adalah karena kondisi ekonomi, kondisi lingkungan kesadaran keluarga akan pendidikan yang masih kurang dan dari sisi anaknya sendiri yang merasa malas belajar. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sinar Mentari menjadi salah satu lembaga yang berperan dalam menanggulangi keberadaan siswa putus sekolah agar dapat kembali mengenyam pendidikan. Selain itu PKBM Sinar Mentari juga melakukan mobilisasi sumber daya manusia maupun materi dalam mencapai tujuan yang diinginkannya. Penelitian ini juga melakukan evaluasi dari program-program yang telah diselenggarakan PKBM kepada siswa-siswa putus sekolah agar dapat diketahui efektifitas keberjalanannya dan menjadi acuan untuk kebijakan kedepannya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan evaluasi dengan model context, input, proccess dan product (CIPP). Pengambilan sampel dengan menggunakan purpossive sampling yaitu dengan mewawancara kepada 19 informan yang terdiri dari koordinator PKBM, siswa putus sekolah karena pekerjaan, biaya dan karena usia yang sudah tidak memenuhi syarat. Untuk validitas data menggunakan trianggulasi sumber yaitu melalui koordinator PKBM, siswa putus sekolah dan tutor PKBM. Teknik analisis yang digunakan dengan pengumpulan data dengan wawancara, data yang direduksi yaitu hal-hal yang tidak berkaitan dengan penanganan putus sekolah.
Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa PKBM Sinar Mentari melakukan peran menanggulangi siswa putus sekolah dengan program: Program kejar paket, program keterampilan dan program konseling yang bertujuan untuk menambah wawasan sekaligus pengganti sekolah formal serta konseling yang bertujuan menyadarkan betapa pentingnya pendidikan bagi setiap orang. PKBM telah memobilisasi siswa putus sekolah dengan meluluskan puluhan siswa pada jenjang pendidikan setara dari SD hingga SMA. Dan berkontribusi dalam menurunkan angka putus sekolah di Kota Surakarta. Evaluasi dari program yang telah berjalan adalah masih diperlukan tambahan tutor untuk memaksimalkan mata pelajaran yang disampaikan ke siswa dan belum ada peta persebaran alumni PKBM yang potensial untuk memperluas jejaring.

Kata kunci: PKBM Sinar Mentari, Putus Sekolah, Kejar Paket, Kesadaran Pendidikan

 

×
Penulis Utama : Afif Muchlisin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S251808002
Tahun : 2021
Judul : Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sinar Mentari dalam Menanggulangi Siswa Putus Sekolah di Surakarta.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S251808002
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ahmad Zuber, S.Sos., D.E.A
2. Dr. Bagus Haryono, M.Si.
Penguji : 1. Prof. Dr. Mahendra Wijaya, M.S.
2. Dra. Hj. Trisni Utami, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.