Penulis Utama : Dimas Ratu Tiemority
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0116021
Tahun : 2021
Judul : Aspek Keberhasilan Kebijakan Pemekaran Wilayah di Kelurahan Semanggi Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-D0116021
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah; Untuk mengetahui aspek keberhasilan kebijakan pemekaran wilayah di Kelurahan Semanggi Kota Surakarta. Teori yang digunakan untuk analisis data adalah teori formulasi kebijakan yang dikemukakan oleh Anderson.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan Purposive Samplingdan Snowball. Validitas dan realibilitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan pendekatan deskritif kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut; Aspek keberhasilan Kebijakan Pemekaran Wilayah di Kelurahan Semanggi Kota Surakarta antara lain; a) Aspek Administrasi, (1) Faktor batas wilayah Kelurahan Semanggi Kota Surakarta, Data-data koordinat wilayah Kelurahan Semanggi Kota Surakarta valid dan dapat digunakan dalam pembuatan peta dengan baik; (2) Faktor prasarana Kelurahan Semanggi Kota Surakarta terdapat prasarana yang memadai yang mendukung kesejahteraan masyarakat dari segi pendidikan dan kesehatan; (3) Jumlah penduduk Kelurahan Semanggi Kota Surakarta sebesar 44.000 jiwa telah memenuhi syarat minimal jumlah penduduk; (4) Adanya usulan dari masyarakat untuk mengadakan suatu pemekaran wilayah dengan alasan untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik. b) Aspek Politik yaitu Walikota Surakarta berkunjung langsung ke Pusat dan memberikan argumentasi kepada Menteri Dalam Negeri alasan diadakannya pemekaran di Kelurahan Semanggi Kota Surakarta.

Kata Kunci : Kebijakan Pemekaran, Aspek Administrasi, Aspek Politik

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Didik Gunawan Suharto, S.Sos., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP