Penulis Utama : Shafira Ika Rahmayani
NIM / NIP : K7617079
×

Shafira Ika Rahmayani. PEMBENTUKAN FAKTOR BARU DARI DIMENSI PENGETAHUAN KONSEP KEUANGAN, KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PERSONAL, KEPUTUSAN KEUANGAN, KOMITMEN UNTUK MASA DEPAN YANG MEMENGARUHI LITERASI KEUANGAN MAHASISWA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November, 2021.

            Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pembentukan faktor baru dari kelima dimensi yakni pengetahuan konsep keuangan, kemampuan komunikasi terkait keuangan, kemampuan personal dalam mengelola keuangan, kemampuan membuat keputusan keuangan dan komitmen untuk membuat perencanaan keuangan masa depan pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 117 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu analisis faktor (Exploratory Factor Analysis).

            Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu ditemukan adanya pembentukan faktor-faktor baru dari kelima dimensi yang memengaruhi literasi keuangan mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2017 dan 2018, yang terdiri dari 9 faktor antara lain faktor (1) Penggunaan Teknologi, (2) Tingkat Minat dan Keterlibatan, (3) Sikap dan Perilaku Keuangan, (4) Keterlibatan Kampus, (5) Tingkat Kepercayaan Diri, (6) Keterlibatan Orang Tua, (7) Pembelajaran Keuangan, (8) Kepercayaan dalam Pembayaran, (9) Kebiasaan Berderma. Faktor pertama yang paling dominan adalah faktor penggunaan teknologi dengan eigenvalues sebesar 7,497 serta dapat menjelaskan keragaman total sebesar 22,049%. Sedangkan faktor kebiasaan berderma merupakan faktor terakhir yang memengaruhi literasi keuangan mahasiswa dengan nilai eigenvalue sebesar 1,054 dan keragaman total sebesar 3,101%. Terdapat beberapa kelemahan dalam penelitian ini, untuk itu peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperbaiki instrumen pertanyaan untuk mengetahui gambaran yang lebih mendalam terkait faktor-faktor yang memengaruhi literasi keuangan mahasiswa.

×
Penulis Utama : Shafira Ika Rahmayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7617079
Tahun : 2022
Judul : Pembentukan Faktor Baru dari Dimensi Pengetahuan Konsep Keuangan, Kemampuan Komunikasi dan Personal, Keputusan Keuangan, Komitmen untuk Masa Depan yang Memengaruhi Literasi Keuangan Mahasiswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Analisis Faktor, Literasi Keuangan, Mahasiswa
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sudarno, SPd., MPd.
2. Khresna Bayu Sangka, S.E, M.M, Ph.D., CMILT
Penguji : 1. Dr. Mintasih Indriayu, M.Pd
2. Jonet Ariyanto Nugroho S.E., M.M
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.