Penulis Utama : Muhammad Usman Islachudin
NIM / NIP : H0816082
×

Sektor pertanian merupakan salah satu sektor penting dalam pembangunan. Sektor pertanian terbagi atas lima subsektor dan salah satunyan yaitu subsektor tanaman hortikultura yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena mudah diusahakan dan cepat terserap oleh pasar. Salah satu komoditas tanaman hortikultura yang memiliki potensi tinggi adalah cabai merah besar yang memiliki harga jual tinggi yang sangat dibutuhkan konsumen dilihat dari permintaannya untuk kebutuhan sehari-hari yang berfluktuasi. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen perlu diimbangi dengan produksi cabai merah besar. Besar kecilnya produksi cabai merah besar akan memengaruhi tingkat keuntungan yang akan diterima oleh petani. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keuntungan usahatani cabai merah besar di Kabupaten Blitar.

Metode dasar penelitian ini adalah deskriptif analitis. Lokasi penelitian yaitu Kabupaten Blitar karena termasuk daerah penyumbang produksi cabai merah terbesar di Provinsi Jawa Timur. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis usahatani untuk mengetahui besarnya penerimaan, biaya, pendapatan dan keuntungan usahatani cabai merah besar di Kabupaten Blitar serta analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata total biaya usatani cabai merah besar adalah Rp. 86.251.145,07/Ha/MT, rata-rata penerimaannya adalah Rp. 223.887.050,36/Ha/MT, pendapatan yaitu Rp. 168.138.903,48/Ha/MT dan keuntungan sebesar Rp. 137.635.905,31/Ha/MT. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa sebesar 74,7% keuntungan usahatani cabai merah besar di Kabupaten Blitar dapat dijelaskan oleh seluruh faktor dalam penelitian ini yaitu luas lahan, umur petani, rata-rata harga jual cabai, jumlah produksi dan biaya produksi, sedangkan sisanya sebesar 25,3% dijelaskan oleh faktor lain. Uji t menunjukkan bahwa rata-rata harga jual cabai, jumlah produksi dan biaya produksi secara individu berpengaruh nyata, sedangkan luas lahan dan umur petani secara individu tidak berpengaruh nyata terhadap keuntungan usahatani cabai merah besar di Kabupaten Blitar. Variabel yang paling berpengaruh terhadap keuntungan usahatani cabai merah besar di Kabupaten Blitar adalah faktor jumlah produksi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut efisiensi lahan perlu ditingkatkan agar jumlah produksi meningkat, efisiensi input untuk mengoptimalkan biaya produksi, pengaturan waktu tanam cabai agar saat panen raya tidak berbenturan dengan daerah lain sehingga harga jual cabai dapat stabil ataupun tinggi.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Usman Islachudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0816082
Tahun : 2021
Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keuntungan Usahatani Cabai Merah Besar (Capsicum Annum l.)di Kabupaten Blitar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-H0816082
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sri Marwanti, M.S.
2. Wiwit Rahayu, S.P., M.P.
Penguji : 1. Ir. Agustono, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.