Penulis Utama : Fauziyah Eka Purnamasari
NIM / NIP : S851608014
×

Berpikir reflektif merupakan aspek penting yang harus dimiliki seorang siswa dalam proses pembelajaran dikarenakan siswa berpikir untuk menemukan cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Kemampuan berpikir reflektif merupakan salah satu kemampuan yang menunjang dalam menyelesaian soal bertipe HOTS. Siswa yang memiliki rasa ingin tahu akan memengaruhi salah satunya bagaimana siswa tersebut menyelesaikan soal HOTS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi Teorema Pythagoras yang ditinjau dari rasa ingin tahu siswa yang tinggi, sedang dan rendah pada  kelas VIII di SMP Negeri 4 Karanganyar.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Karanganyar pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang dipilih menggunakan teknik snowball sampling dengan kriteria: 1) telah mendapatkan materi teorema pythagoras, 2) mampu mengkomunikasikan alur pikirnya secara lisan dan tulisan dengan baik. Pengumpulan data dilakukan dengan soal dan wawancara. Data penelitian diperoleh dari hasil angket rasa ingin tahu, hasil penyelesaian soal HOTS pada materi teorema pythagoras, dan wawancara siswa. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode dan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa Siswa dengan tingkat rasa ingin tahu  tinggi proses berpikir reflektifnya dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi Teorema Pythagoras yaitu diawali dengan memadukan dan mengaitkan informasi yang sudah didapat sebelumnya dalam menganalisis masalah, langkah kedua berdasarkan masalah yang didapat siswa bisa mengaitkan materi sebelumnya agar dapat digunakan untuk menyelesaikan soal. Hal ini menunjukkan bahwa siswa berpikir secara reflektif dalam menyelesaikan soal. Siswa dengan tingkat rasa ingin tahu  sedang proses berpikir reflektifnya dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi Teorema Pythagoras yaitu dimulai dengan mengaitkan apa yang sudah ada di dalam soal dengan langkah apa yang sesuai dengan apa yang diingat pada materi-materi sebelumnya. Siswa sudah dapat mengaitkan soal dengan materi, namun belum tepat dalam memilih materi yang sesuai dengan soal. Hal ini menunjukkan bahwa siswa belum terlalu berpikir reflektif dalam menyelesaikan soal. Siswa dengan tingkat rasa ingin tahu  rendah proses berfikir reflektifnya dalam menyelesaikan soal belum ada. Hal ini ditunjukkan dengan siswa yang tidak dapat mengaitkan soal dengan materi-materi yang didapat sebelumnya. Siswa juga hanya menyelesaikan soal tanpa memahami maksud soal terebut sehingga siswa memberikan kesimpulan yang tidak tepat.

Kata kunci: Proses berpikir reflektif, Teorema Pythagoras, HOTS,  Rasa ingin tahu

 

×
Penulis Utama : Fauziyah Eka Purnamasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851608014
Tahun : 2021
Judul : Proses Berpikir Reflektif Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skill (HOTS) Materi Teorema Pythagoras Ditinjau Dari Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S851608014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Imam Sujadi, M.Si.
2. Drs. Isnandar Slamet, M.Sc., Ph.D.
Penguji : 1. Prof. Budiyono, M.Sc.
2. Dr. Budi Usodo, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.