Penulis Utama : Yulia Kurniawati
NIM / NIP : I0117145
×

Ruas Jalan Surakarta – Geyer merupakan jalan perkerasan kaku yang mengalami kerusakan struktural maupun fungsional yang disebabkan oleh volume kendaraan disertai kendaraan bermuatan berlebih yang melintasi dan kondisi tanah dasar yang kurang baik. Untuk meninjau permasalahan tersebut,dilakukan analisis pada penyalur beban perkerasan kaku (diameter dowel) pada desain perencanaan tahun 2017 dan 2019 dan variasi ketebalan pelat beton menggunakan metode Westergaard dan Perangkat Lunak EverFE.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif. Peneliti mencari data kuantitatif yang berupa data acuan model, data teknis perkerasan kaku, data beban lalu lintas.Data-data tersebut kemudian akan disesuaikan dengan kebutuhan input untuk dimodelkan dan dianalisis (running) menggunakan perangkat lunak EverFE.  Untuk menganalisis perkerasan kaku,dilakukan dua jenis pembebanan yaitu beban tengah dan beban tepi. Analisis Westergaard menghasilkan nilai defleksi dan tegangan dan Program EverFE akan menghasilkan nilai defleksi,tegangan,nilai serta visualisasi momen dan geser pada dowel perkerasan kaku. 

Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara metode Westergaard dan Program EverFE. Ketebalan pelat beton mampu mempengaruhi nilai defleksi dan tegangan pada metode Westergaard dengan nilai tertinggi beban tengah maupun tepi terjadi pada setebal pelat 25 cm dengan nilai tegangan 2,0133 dan terendah pada tebal 35 cm yaitu 1,040 dan 2,7195 tebal 25 cm, 1,4678 untuk tebal 35 cm. Program EverFE nilai defleksi maupun tegangan dipengaruhi oleh banyak
faktor diantaranya diameter dowel ,ketebalan pelat,letak beban,suhu. Dengan nilai tegangan tertinggi pada beban tengah yaitu 2,566 MPa diameter dowel 25 mm dan 2,846 untuk beban tepi diameter dowel 25 mm dan 32 mm.Dari hasil perhitungan dan analisis penggunaan diameter dowel 25 mm dan 32 mm serta ketebalan pelat 25 cm,30 cm,35 cm memenuhi persyaratan nilai defleksi dan tegangan dengan tegangan ijin dari Bina Marga, standar kekuatan beton pada perkerasan kaku adalah 4,4 MPa pada umur 28 hari serta defleksi ijin yang disyaratkan yang diperoleh dari rumus Bowles sebesar 11,53 mm. 

Kata Kunci: Perkersan Kaku ,Dowel,Defleksi,Tegangan,Westergaard,EverFE

×
Penulis Utama : Yulia Kurniawati
Penulis Tambahan : 1.
2.
NIM / NIP : I0117145
Tahun : 2022
Judul : Evaluasi Transfer Beban Perkerasan Kaku Tipe JPCP dengan Variasi Ketebalan Pelat pada Ruas Jalan Surakarta - Geyer
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2022
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik 2022
Kata Kunci : Perkersan Kaku ,Dowel,Defleksi,Tegangan,Westergaard,EverFE
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ary Setyawan, M.Sc., Ph.D.
2. Wibowo, S.T., DEA.
Penguji : 1. Ir. Djoko Sarwono, M.T.
2. Dr. Endah Sa?tri, S.T., M.T.
Catatan Umum : tidak ada DOI (1)
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.