Penulis Utama : Fairuz Niken Fadhila
NIM / NIP : K7717028
×

Fairuz Niken Fadhila. K7717028. HUBUNGAN PENGENDALIAN DIRI DAN KESEMPATAN DENGAN KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2021.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji hubungan pengendalian diri dengan kecurangan akademik mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret; (2) menguji hubungan kesempatan dengan kecurangan akademik mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret; (3) menguji hubungan pengendalian diri dan kesempatan dengan kecurangan akademik mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret.

Jenis penelitian ini adalah korelasional eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data penelitian ini meliputi studi literatur dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, tidak terdapat hubungan negatif dan signifikan antara pengendalian diri dengan kecurangan akademik mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret. Pengendalian diri mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret masuk dalam kecenderungan kategori sedang akan tetapi kecurangan akademik juga menunjukkan dalam kecenderungan kategori sedang, sehingga terlihat bahwa faktor pengendalian diri belum efektif dalam menurunkan angka kecurangan akademik. Kedua, terdapat hubungan positif dan signifikan antara kesempatan dengan kecurangan akademik mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret. Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengendalian diri dan kesempatan dengan kecurangan akademik mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret. Hasil persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 10.593 + 0,438X1 + 0,165X2. Persamaan regresi tersebut dapat diinterpretasikan sebagai berikut. Pertama,  konstanta sebesar 10.593 mempunyai arti jika pengendalian diri (X1) dan kesempatan (X2) nilainya sebesar 0, maka besarnya kecurangan akademik (Y) adalah 10.593. Kedua, nilai koefisien regresi pengendalian diri (X1) sebesar 0,438 artinya setiap perubahan nilai pengendalian diri sebesar 1 akan menambah nilai tingkat kecurangan akademik (Y) sebesar 0,438. Ketiga, nilai koefisien regresi kesempatan (X2) sebesar 0,165 artinya setiap perubahan nilai kesempatan sebesar 1 akan menambah nilai tingkat kecurangan akademik (Y) sebesar 0,165.

 

×
Penulis Utama : Fairuz Niken Fadhila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7717028
Tahun : 2022
Judul : Hubungan Pengendalian Diri dan Kesempatan dengan Kecurangan Akademik Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Akuntansi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pengendalian diri, kesempatan, kecurangan akademik
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sudiyanto, M.Pd
2. Jaryanto, S.Pd, M.Si
Penguji : 1. Prof. Dr. Siswandari, M. Stat
2. Asri Diah Susanti, SE., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.