Penulis Utama : Fridha Fadhlurrahma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1217026
Tahun : 2021
Judul : Unsur Pembangun dan Nilai Pendidikan Karakter pada Kumpulan Cerpen Teh dan Pengkhianat Karya Iksaka Banu serta Pemanfaatannya sebagai Modul Pembelajaran Teks Cerpen di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan karya sastra yang mutakhir (up to date) sebagai materi ajar pembelajaran  Bahasa Indonesia di SMA, sehingga kurang sesuai dengan kondisi di era sekarang serta tidak dapat memberikan gambaran kepada peserta didik mengenai ragam warna karya sastra. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan: (1) unsur-unsur intrinsik; dan (2) unsur-unsur ekstrinsik yang membangun kumpulan cerpen Teh dan Pengkhianat karya Iksaka Banu; (3) nilai pendidikan karakter yang terdapat pada kumpulan cerpen Teh dan Pengkhianat karya Iksaka Banu; serta (4) pemanfaatan hasil analisis unsur pembangun dan nilai pendidikan karakter pada kumpulan cerpen Teh dan Pengkhianat karya Iksaka Banu sebagai modul pembelajaran teks cerpen di SMA kelas XI.
Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan objektif. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen kumpulan cerpen Teh dan Pengkhianat karya Iksaka Banu dan instrumen penilaian bahan ajar versi BSNP serta dua orang informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis dokumen dan wawancara terstruktur. Uji validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kumpulan cerpen Teh dan Pengkhianat karya Iksaka Banu dibangun oleh unsur-unsur intrinsik (tema, alur, penokohan, latar, sudut pandang dan amanat) dan ekstrinsik (latar belakang pengarang, kondisi sosial budaya, dan kondisi lingkungan tempat cerpen dikarang) yang lengkap dan semuanya saling berkaitan; (2) kumpulan cerpen Teh dan Pengkhianat karya Iksaka Banu memuat 17 jenis nilai karakter dan yang mendominasi adalah nilai karakter rasa ingin tahu; (3) hasil analisis unsur pembangun dan nilai pendidikan karakter pada kumpulan cerpen Teh dan Pengkhianat karya Iksaka Banu dapat dimanfaatkan sebagai modul pembelajaran teks cerpen di SMA dan memenuhi kriteria bahan ajar versi BSNP yaitu kelayakan isi dengan skor 4,72; kelayakan penyajian dengan skor 4,77; kelayakan kebahasaan dengan skor 4,75; dan kelayakan kegrafikan dengan skor 4,5.
Kata Kunci: cerita pendek, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik, nilai pendidikan karakter, modul.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVER.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Ani Rakhmawati, M.A., Ph.D.
2. Drs. Slamet, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP