Penulis Utama : Avin Giovanus
NIM / NIP : K4617026
×

Avin Giovanus K4617026. PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING PJOK DI SMP SWASTA SE-KECAMATAN KARANGANYAR BERDASARKAN SURAT EDARAN MENDIKBUD NOMOR 4 TAHUN 2020 TAHUN PELAJARAN 2020/2021, Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2021.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui penerapan pembelajaran daring PJOK di SMP Swasta se-Kecamatan Karanganyar berdasarkan Surat Edaran Mendikbud nomor 4 Tahun 2020 tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini sebagai deskripsi mengenai proses pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode survei. Subjek penelitian ini adalah Guru PJOK SMP Swasta se-Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar, yang berjumlah 9 orang. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Setelah dilaksanakan penelitian mengenai penerapan pembelajaran daring PJOK di SMP Swasta se-Kecamatan Karanganyar berdasarkan Surat Edaran Mendikbud nomor 4 Tahun 2020, dapat disampaikan bahwa semua Guru sangat mendukung kebijakan pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19 dengan cara bertanggungjawab melaksanakan tugasnya dengan baik. Kendala yang sering terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran daring berupa jaringan internet, kuota dan alat komunikasi yang digunakan peserta didik untuk melakukan pembelajaran. Untuk mengatasinya setiap sekolah menyediakan print out tugas dan buku paket materi yang bisa diambil bagi peserta didik yang terkendala dalam mengikuti pembelajaran daring. Guru melakukan perencanaan pembelajaran sesuai dengan RPP yang terbaru, kemudian melaksanakan pembelajaran menggunakan aplikasi WhatsApp dan Ukline.

Berdasarkan simpulan diatas maka implikasi dalam penelitian penerapan pembelajaran daring pjok di SMP Swasta se-Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar berdasarkan Surat Edaran Mendikbud nomor 4 tahun 2020 yaitu semua guru pendidik dimasing-masing sekolah tetap melaksanakan pembelajaran pjok yang keseluruhan dilakukan dengan menggunakan media daring.

Kata kunci: Penerapan, Surat Edaran Mendikbud, Guru, PJOK.

×
Penulis Utama : Avin Giovanus
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4617026
Tahun : 2021
Judul : Penerapan Pembelajaran Daring PJOK di SMP Swasta Se-Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 Tahun Pelajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. Keolahragaan - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Keolahragaan 2021
Kata Kunci : Penerapan, Surat Edaran Mendikbud, Guru, PJOK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunardi, M.Kes
2. Waluyo, S.Pd., M.Or
Penguji : 1. Dr. Agus Mukholid, M.Pd
2. Abdul Aziz Purnomo Shidiq, M.Pd
Catatan Umum : tidak ada DOI (1)
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.