Penulis Utama : Atik Setiawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S621808001
Tahun : 2021
Judul : Peran Asosiasi Petani Dalam Pemberdayaan Pemasaran Padi Organik di Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S621808001
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Peran Asosiasi Petani Padi Organik Sawangan dalam pemberdayaan pemasaran padi organik merupakan upaya mendorong perubahan agar petani menjadi lebih berdaya dan mampu meningkatkan pendapatan petani. Hal ini karena potensi yang tinggi dalam pengembangan pertanian padi organik di Kecamatan Sawangan masih mempunyai kendala dalam pemasaran. Petani padi padi organik menjual produknya melalui tengkulak yang mengakibatkan petani berada pada posisi tawar yang lemah.
Penelitian ini bertujuan menganalisis: (1) peran Asosiasi Petani Padi Organik Sawangan, (2) proses pemberdayaan; (3) kemitraan dengan stakeholders, (4) faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan, dan (5) dampak pemberdayaan. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan penelitian ditentukan secara purposive sampling dan maximum variation sampling sedangkan validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Penelitian dilakukan di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah pada bulan Februari sampai dengan Juli 2020.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Asosiasi Petani Padi Organik Sawangan sebagai fasilitator melakukan peran edukasi, diseminasi inovasi/informasi, fasilitasi, advokasi, pemantauan, dan evaluasi. Asosiasi Petani padi Organik juga melakukan proses pemberdayaan melalui tahap penyadaran, pengkapasitasan, dan pemberian daya. Pada kegiatan pemberdayaan aspek pemasaran ini, Asosiasi Petani Padi Organik Sawangan melakukan kemitraan dengan berbagai pihak sebagai stakholders. Sikap petani yang belum mengarah kepada rasional ekonomi politik dalam pengolahan pasca panen merupakan faktor penghambat secara langsung dan keterbatasan modal Asosiasi Petani Padi Organik Sawangan merupakan faktor penghambat tidak langsung. Dukungan pemerintah melalui kebijakan, fasilitasi sarana prasarana, dan bimbingan teknis serta rasa tanggungjawab dari pengurus Asosiasi Petani Padi Organik Sawangan merupakan faktor pendukung pemberdayaan. Pemberdayaan memberikan dampak terhadap pendidikan yang lebih baik (better learning), meningkatnya pendapatan bagi petani padi organik (better income) dan terpenuhinya kebutuhan sandang, pangan, papan, kesehatan, dan pendidikan anggota keluarga petani (better living).

Kata kunci : Pemberdayaan, Asosiasi, Petani Organik,  Sawangan

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I .pdf
BAB II .pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Mahendra Wijaya, M.S
2. Dr. Ir. Retno Setyowati, M.S.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana