Penulis Utama : Khasan Rochmad
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0217034
Tahun : 2021
Judul : Refleksi Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Jawa Dalam Novel Suti Karya Sapardi Djoko Damono Kajian Sosiologi Sastra
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-B0217034
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah ideologi dan latar sosial Sapardi Djoko Damono yang tercermin dalam novel Suti, dan 2) bagaimanakah cermin kehidupan sosial budaya masyarakat Jawa yang dideskripsikan dalam novel Suti karya Sapardi Djoko Damono. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan ideologi dan latar belakang Sapardi Djoko Damono yang tercermin dalam novel Suti, dan 2) menemukan dan mendeskripsikan cermin masyarakat mengenai kehidupan sosial budaya masyarakat Jawa dalam novel Suti.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek material penelitian ini adalah novel Suti karya Sapardi Djoko Damono. Objek formal dalam penelitian ini adalah refleksi kehidupan sosial budaya masyarakat Jawa. Data primer dalam penelitian ini berupa kata-kata, kalimat, sebagian isi cerita, dan paragraf yang dinarasikan dalam novel. Ideologi pengarang ditemukan melalui teks yang mencerminkan kehidupan sosial budaya dalam tata naratif teks dan literatur lainnya yang mendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat. Teknik penarikan kesimpulan pada penelitian ini dilakukan dengan ragam deduktif, yaitu kesimpulan dengan menentukan data umum sebagai inti permasalahan dan dilanjutkan dengan menjabarkan secara khusus sebagai penjelas.
Berdasarkan analisis menggunakan teori sosiologi sastra Ian Watt, simpulan penelitian ini adalah 1) Sapardi Djoko Damono memiliki ideologi yang dituliskannya, yakni ideologi Jawa. Hal ini tercermin melalui penggambaran yang diberikan melalui tata naratif teks dalam novel dengan menceritakan kehidupan sosial budaya masyarakat Jawa 2) cerminan yang dideskripsikan oleh Sapardi Djoko Damono merupakan sebuah penggambaran bagaimana masyarakat Jawa menjalani kehidupan dengan perubahan sosial ketika karya ditulis; sastra sebagai cermin masyarakat yang terdapat dalam tata naratif teks mencerminkan kehidupan sosial budaya masyarakat Jawa dari kalangan biasa dan priayi. Selain itu, terdapat pula kepercayaan tradisional masyarakat Jawa, gaya hidup dan sifat priayi, pendidikan masyarakat, serta budaya pengabdian yang ditemukan dalam novel.
   
Kata kunci: ideologi, refleksi, sosial budaya Jawa, sosiologi sastra.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rianna Wati, S.S., M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya