Penulis Utama : Meisyani Putri Ayu Angela Pawiring
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0018240
Tahun : 2022
Judul : ANALISIS PENGAMBILALIHAN TOKOPEDIA OLEH GOJEK DITINJAU DARI UNDANG–UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1999 TENTANG LARANGAN PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

            Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan, pertama kewajiban badan usaha yang melakukan Penggabungan, Peleburan atau Pengambilalihan untuk melakukan pemberitahuan (post merger notification) kepada KPPU dan kedua apakah Pengambilalihan Tokopedia oleh Gojek dapat menghambat persaingan usaha sehingga menimbulkan praktek monopoli dan/atau persaingan usaha tidak sehat. Karena dalam sebuah aksi korporasi Penggabungan, Peleburan dan Pengambilalihan merupakan salah satu indikator untuk menyatakan sebuah persaingan usaha menjadi persaingan usaha tidak sehat.

            Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif bersifat preskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder sekunder yang meliputi bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi kepustakaan yang selanjutnya teknis analisis data yang digunakan adalah metode deduktif.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap perusahaan yang melakukan Penggabungan, Peleburan, atau Pengambilalihan wajib melakukan post merger notification dengan batas maksimal 30 (tiga puluh) hari sesuai ketentuan Pasal 29 UU No. 5/1999 yang diperbarui semenjak adanya Covid-19 tenggat post merger notification diubah menjadi 60 (enam puluh) hari kerja sejak tanggal efektif yuridis hal ini diatur dalam Pasal 7 PerKPPU No. 3/2020. Denda atas adanya keterlambatan post merger notification sebesar Rp 1.000.000.000 (satu miliar rupiah) perhari, maksimal Rp 25.000.000.0000 (dua puluh lima miliar rupiah). Post merger notification berkaitan dengan proses penilaian yang dilakukan oleh KPPU dalam hal penanganan persaingan usaha. Sebagai salah satu kegiatan Pengambilalihan yang paling disorot pada 2021, Pengambilalihan Tokopedia oleh Gojek berpengaruh terhadap persaingan usaha, menurut Penulis Pengambilalihan tersebut tidak menimbulkan sebuah praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat, karena kedua badan usaha tersebut bergerak di bidang yang berbeda. Serta tidak ada hambatan masuk pasar yang berarti semenjak pengambilalihan Tokopedia.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Yudho Taruno Muryanto, S.H., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum