Penulis Utama : Noviyani Ratin Suryaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8117051
Tahun : 2022
Judul : Profil Manajemen Sarana dan Prasarana di TK Gugus Cut Mutia Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber : -
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Noviyani Ratin Suryaningsih. K8117051. PROFIL MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI TK GUGUS CUT MUTIA KECAMATAN JENAWI KABUPATEN KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2022.

Manajemen sarana dan prasarana merupakan sumber daya yang penting dalam menentkan proses pendidikan disekolah. Manajemen sarana dan prasarana adalah salah satu standar penting yang sudah ditetapkan sebagai proses keberhasilan program pendidikan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana di TK Gugus Cut Mutia Kecamatana Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kombinasi (mix methods). Subjek penelitian ini adalah TK di Gugus Cut Mutia yang berjumlah 7 TK. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik uji validitas penelitian ini dari pendapat ahli (expert judgement) untuk menyesuaikan antara instrumen dengan aspek yang akan dinilai. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif mencakup penggunaan angka persentase dari perhitungan data hasil observasi (kuantitatif) dan menganalisis data mengenai manajemen sarana dan prasarana (kualitatif).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum manajemen sarana dan prasarana di TK Gugus Cut Mutia termasuk dalam kriteria layak dengan perbedaan disetiap aspek sebagai berikut : : 1) aspek pengelolaan sarana dan prasarana berada pada kategori L (layak); 2) aspek pengadaan sarana dan prasarana berada pada kategori L (Layak); 3) aspek pendistribusian dan pemanfaatan sarana dan prasarana berada kategori CL (Cukup Layak); 4) aspek pemeliharaan sarana dan prasarana berada pada kategori L (Layak); dan 5) aspek penghapusan sarana dan prasaraa pendidikan berada pada ketegori L (Layak).

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lampiran.pdf
Halaman cover.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Upik Elok Endang Rasmani, M. Pd
2. Nurul Shofiatin Zuhro, S. Pd., M. Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP