Penulis Utama : Ikrima Billiyan
NIM / NIP : K1317032
×

ABSTRAK

Ikrima Billiyan. K1317032. ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PENERAPAN INTEGRAL TENTU DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS XII MA AL-MUKMIN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2021.

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah pada penerapan integral tentu ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent siswa kelas XII MA Al-Mukmin. Kemampuan pemecahan masalah didasarkan pada langkah pemecahan masalah menurut John Dewey.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tipe deskriptif dengan subjek kelas XII MA Al-Mukmin Sukoharjo. Data analisis kemampuan pemecahan masalah didapatkan dari tes serta wawancara. GEFT diujikan pada seluruh siswa kelas XII untuk mengelompokkan kategori field independent dan field dependent kemudian diberikan tes penerapan integral tentu untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah. Penentuan subjek untuk wawancara memakai teknik purposive sampling berdasarkan hasil perolehan GEFT serta tes terhadap kemampuan pemecahan masalahnya. Validasi data dilaksanakan melalui triangulasi teknik. Analisis data dilaksanakan dengan tahap mereduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan.

Berdasarkan analisis data didapatkan hasil dari kemampuan pemecahan masalah siswa pada penerapan integral tentu: (1) siswa field independent mampu mengetahui permasalahan, melakukan pendefinisian masalah, mengembangkan solusi yang mungkin, dan melakukan pengujian terhadap idenya. Siswa FI dapat memecahkan permasalahan dengan prosedur secara tepat serta hasilnya sesuai namun tidak melakukan pemeriksaan kebenaran hasil, sehingga tidak memenuhi langkah kelima dari langkah pemecahan masalah. (2) siswa field dependent mampu menyajikan masalah, mendefinisikan masalah, dan mengembangkan solusi yang mungkin. Siswa FD mampu mengenali masalah dan menentukan langkah penyelesaian, namun tidak menerapkan langkah penyelesaian dengan tepat dan  hasil yang diperoleh tidak sesuai sehingga langkah keempat tidak terpenuhi. Siswa FD juga tidak melakukan pemeriksaan kebanaran hasil sehingga langkah kelima dari langkah pemecahan masalah tidak terpenuhi.

×
Penulis Utama : Ikrima Billiyan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1317032
Tahun : 2022
Judul : Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Penerapan Integral Tentu Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas XII MA Al-Mukmin Sukoharjo Tahun Ajaran 2021/2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, John Dewey, Gaya Kognitif.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triyanto, M.Si
2. Yemi Kuswardi, S.Si., M.Pd.
Penguji : 1. Sutopo, S.Pd., M.Pd
2. Ira Kurniawati, S.Si., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.