Penulis Utama : Tri Lestari
NIM / NIP : K3217074
×

Tri Lestari. KAJIAN PROSES PEMBELAJARAN DARING PEMBUATAN DESAIN POSTER IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (ILM) PADA SISWA KELAS XII MULTIMEDIA DI SMK TAMANSISWA BANJARNEGARA TAHUN 2020/2021. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2022.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran daring pembuatan desain poster iklan layanan masyarakat (ILM) pada siswa kelas XII Multimedia di SMK Tamansiswa Banjarnegara tahun 2020/2021 ditinjau dari perangkat, tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi.; (2) karya poster iklan layanan masyarakat (ILM) dari siswa kelas XII Multimedia di SMK Tamansiswa Banjarnegara tahun 2020/2021 berdasarkan kriteria poster yang baik ditinjau dari layout.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, sumber data penelitian meliputi peristiwa proses pembelajaran secara daring (membuat desain poster), informan (guru multimedia kelas XII, 4 peserta didik kelas XII multimedia, kepala sekolah dan 2 penilai dari jurusan DKV), dan dokumen (silabus, RPP, rekaman pembelajaran daring dan desain poster). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan puporsive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi berpartisipasi pasif, analisis dokumen, dan wawancara. Teknik uji validitas adalah dengan triangulasi sumber. Analisis data dengan menggunakan analisis alir atau disebut juga dengan flow model analaysis.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) analisis proses pembelajaran daring pada pembuatan desain poster iklan layanan masyarakat kelas XII Multimedia menggunakan perangkat silabus dan RPP, dengan tujuan peserta didik dapat membuat desain poster ILM dengan menerapkan dasar desain serta penggunaan tipografi, materi berupa PPT serta ringkasan dalam bentuk dokumen Word. Metode menggunakan metode pembelajaran daring asinkronus, media yang digunakan platform (Google Classroom, Google Form dan WhatsApp Group), evaluasi pendidik berdasarkan dari empat aspek yaitu keaktifan peserta didik, kerapian desain, kesesuaian tema dan kesesuaian elemen desain poster. 2) analisis karya poster iklan layanan masyarakat yang ditinjau berdasarkan elemen layout yaitu diambil enam sampel berdasarkan penilaian pendidik dari 2 tertinggi, terendah dan tengah sebagai berikut. Karya terbaik menggunakan 4 elemen teks & visual yang sama. Terdiri dari judul, body teks, dan foto. karya tengah kedua karya tersebut setidaknya menggunakan 4 elemen teks & visual yang sama yaitu judul, sub judul, body teks, foto. Karya terbawah kedua karya tersebut menggunakan 3 elemen teks & visual yang sama yaitu judul, body teks dan gambar. Unsur layout desain poster, dari keenam karya peserta didik tersebut terlihat signifikan sama ditinjau dari sequence & balance dengan hasil semua dinamis, relatif mudah diikuti dan keseimbangan asmetris, unity nilai tertinggi dan tengah unity warna & foto tercapai, tipografi kurang tercapai. terendah unity warna tercapai, unity tipografi kurang tercapai dan unity foto kurang tercapai.

 

×
Penulis Utama : Tri Lestari
Penulis Tambahan : 1. -
2.
NIM / NIP : K3217074
Tahun : 2022
Judul : Kajian Proses Pembelajaran Daring Pembuatan Desain Poster Iklan Layanan Masyarakat (ILM) pada Siswa Kelas XII Multimedia di SMK Tamansiswa Banjarnegara Tahun 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Pembelajaran daring dan desain poster
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si.
Penguji : 1. Dr. Endang Widiyastuti, S.Pd, M.Pd.
Catatan Umum : 3908/2022
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.