Penulis Utama : Siti Dian Anugrah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851702030
Tahun : 2022
Judul : Analisis Kesulitan Siswa MTsN - 2 Palangkaraya dalam Mengerjakan Soal HOTS Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apa saja kesulitan yang dialami siswa kelas VIII MTsN-2 Palangkaraya dalam mengerjakan soal berindikator HOTS ditinjau dari kecerdasan logis matematis; 2) mengetahui  apa saja faktor yang menyebabkan siswa kelas VIII MTsN-2 Palangkaraya mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal berindikator HOTS ditinjau dari kecerdasan logis matematis.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang siswa tingkat kecerdasan logis matematis tinggi (KLM 3), 2 orang siswa tingkat kecerdasan logis matematis sedang (KLM 2) dan 1 orang siswa tingkat kecerdasan logis matematis rendah (KLM 1).  Pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan Purposive sampling dilanjutkan snowball sampling. Data dikumpulkan melalui tes, angket dan wawancara, data yang diperoleh adalah data kesulitan dalam mengerjakan soal HOTS ditinjau dari kecerdasan logis matematis dan faktor penyebabnya. Validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) kesulitan yang dialami siswa KLM 1 pada soal HOTS bentuk cerita adalah kesulitan dalam merencanakan bagaimana menggunakan informasi, memilih strategi yang sesuai, melaksanakan rencana penyelesaian, memverifikasi penyelesaian yang diperoleh dan menemukan kemungkinan penyelesaian yang lain, 2) kesulitan yang dialami siswa KLM 2 dan KLM 3 pada soal HOTS bentuk cerita  adalah kesulitan dalam menemukan kemungkinan penyelesaian yang lain, 3) kesulitan yang dialami siswa KLM 1 dan KLM 2 pada soal HOTS bentuk gambar adalah kesulitan memahami soal HOTS, kesulitan merencanakan bagaimana menggunakan informasi yang tersedia pada soal HOTS, kesulitan dalam memilih strategi yang sesuai untuk menyelesaikan soal HOTS, kesulitan dalam melaksanakan rencana penyelesaian soal HOTS, kesulitan  memverifikasi penyelesaian yang diperoleh dan kesulitan dalam menemukan kemungkinan penyelesaian yang lain, 4) kesulitan yang dialami siswa KLM 3 pada soal HOTS bentuk gambar adalah kesulitan dalam menemukan kemungkinan penyelesaian yang lain. Faktor penyebab siswa mengalami kesulitan adalah kurangnya language skill, visual-spatial skill, information skill, arithmetic skill dan tidak terbiasanya siswa dengan soal yang memiliki lebih dari satu penyelesaian.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
halaman cover.pdf
BAB I FIX TESIS SITI DIAN A.pdf
BAB II FIX TESIS SITI DIAN A.pdf
BAB III FIX TESIS SITI DIAN A.pdf
4.pdf
5.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Usodo, M.Pd.
2. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana