Penulis Utama : Feby Antika Ningrum
NIM / NIP : B3218022
×

Feby Antika Ningrum, B3218022. 2021. Kunjungan Wisatawan Di Desa Wisata Tumang Kabupaten Boyolali Sebagai Pariwisata Alternatif (Studi Kasus pada Perusahaan Muda Tama Gallery 1). Program Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata. Sekolah Vokasi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini akan menjawab beberapa permasalahan yang ada di Desa Wisata Tumang Kabupaten Boyolali khususnya Perusahaan Muda Tama Gallery 1. Permasalahan tersebut adalah bagaimana inovasi teknologi, produksi dan pemasaran kerajinan tembaga/kuningan di Muda Tama Gallery 1 Tumang Kabupaten Boyolali, bagaimana pengemasan industri kerajinan tembaga/kuningan sebagai daya tarik pariwisata alternatif di Tumang Kabupaten Boyolali dan bagaimana kunjungan wisatawan di Muda Tama Gallery 1 Tumang, Kabupaten Boyolali.

Penelitian yang dilakukan adalah studi kasus pada Perusahaan Muda Tama Gallery 1 dengan metode deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data ditempuh dengan melakukan observasi di Perusahaan Muda Tama Gallery 1. Selain itu, dilakukan wawancara dengan pemilik perusahaan dan karyawan, studi arsip atau dokumen serta studi pustaka.

Hasil penelitian ini adalah mengenai kunjungan wisatawan di Perusahaan Muda Tama Gallery 1 dengan adanya inovasi yang dilakukan terhadap kerajinan tembaga/kuningan sebagai daya tarik pariwisata alternatif sehingga mampu meningkatkan penjualan produk dan minat kunjungan wisatawan untuk datang secara langsung ke perusahaan.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Perusahaan Muda Tama Gallery 1 melakukan inovasi terhadap kerajinan tembaga/kuningan untuk menambah daya tarik kerajinan sebagai obyek wisata bagi Desa Wisata Tumang Kabupaten Boyolali. Inovasi produk kerajinan tembaga/kuningan yang dihasilkan saat ini sudah bervariatif dari yang awalnya hanya memproduksi peralatan rumah tangga kini mampu menghasilkan hiasan interior eksterior rumah, hotel hingga instalasi pemerintahan. Hal ini semakin menambah daya tarik kerajinan tembaga/kuningan sebagai pariwisata alternatif di Desa Wisata Tumang yang terus bertahan hingga sekarang. Pemasaran yang dilakukan dengan menggandeng berbagai dinas, hotel dan lembaga pendidikan menjadi sebuah cara yang paling inovatif dalam mendatangkan kunjungan wisatawan ke Perusahaan Muda Tama Gallery 1. Kunjungan wisatawan mengalami pasang saat musim kemarau dan lebaran sedangkan turun saat musim hujan.

×
Penulis Utama : Feby Antika Ningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3218022
Tahun : 2022
Judul : Kunjungan Wisatawan Di Desa Wisata Tumang Kabupaten Boyolali Sebagai Pariwisata Alternatif (Studi Kasus pada Perusahaan Muda Tama Gallery 1)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : desa wisata, pariwisata alternatif, inovasi, kunjungan wisatawan
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suharyana, M.Pd.
2. Insiwi Febriary Setiasih, S.S., M.A.
Penguji : 1. Amad Saeroji, S.S., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.