Penulis Utama : Novita Kusumawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8116045
Tahun : 2022
Judul : Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Big Book pada Anak Usia 5-6 Tahun TK Aisyiyah Bustanul Athfal VII Boyolali Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Novita Kusumawati. K8116045. PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BIG BOOK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL VII BOYOLALI TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2021.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media big book pada anak usia 5-6 tahun TK Aisyiyah Bustanul Athfal VII Boyolali Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan kerjasama antara peneliti dengan guru kelas kelompok B. Subjek penelitian yaitu anak usia 5-6 tahun TK Aisyiyah Bustanul Athfal VII Boyolali yang berjumlah 13 anak terdiri dari 3 anak laki-laki dan 10 anak perempuan.

Sumber data dari penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun, rencana pembelajaran, dokumentasi, dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitias dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif menggunakan persentase seberapa besar peningkatan kemampuan membaca anak setelah penggunaan media big book dalam pembelajaran. Sedangkan analisis kualitatif menggunakan model Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, sajian deskriptif dengan alur yang sistematis berbentuk narasi, tabel, grafik, dan penyimpulan hasil yang disajikan.

Hasil pelaksanaan pratindakan pada penelitian secara klasikal yaitu 5 dari 13 anak tuntas atau 38%. Siklus I mengalami peningkatan dengan nilai klasikal yang menunjukkan 7 dari 13 anak tuntas atau 54%. Siklus II mengalami peningkatan dengan nilai klasikal yang menunjukkan 11 dari 13 anak tuntas atau 85%. Penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan media big book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun TK Aisyiyah Bustanul Athfal VII Boyolali Tahun Ajaran 2020/2021. Hasil penemuan lain dari penggunaan media big book adalah menstimulasi keterampilan sosial emosional anak.

Kata kunci : Anak usia dini, membaca permulaan, big book

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Warananingtyas Palupi, S.Sn., M.A
2. Novita Eka Nurjanah, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP