Penulis Utama : Edina Yasmin Ramadhanti
NIM / NIP : B0216023
×

Edina Yasmin Ramadhanti. B0216023. 2021. Reduplikasi Adverbia Bahasa Indonesia dalam Perspektif Derivasi dan Infleksi Studi Kasus Novel Karya Andrea Hirata. Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret.

Permasalahan yang dibatasi dalam penelitian ini adalah: (1) Jenis kata apa sajakah yang dapat membentuk reduplikasi adverbia? dan (2) Bagaimana reduplikasi adverbia dalam bahasa Indonesia ditinjau dari perspektif derivasi dan infleksi?

Tujuan penelitian ini mencakup dua hal, yaitu: (1) Mendeskripsikan tipe-tipe jenis kata pembentuk reduplikasi adverbia dalam bahasa Indonesia. (2) Mendeskripsikan derivasi dan infleksi reduplikasi adverbia dalam bahasa Indonesia.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dan sumber data diambil dari kalimat bahasa Indonesia yang mengandung kata reduplikasi adverbia dalam novel-novel karangan Andrea Hirata yang berjudul Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, Maryamah Karpov, dan Ayah. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode simak yang dilanjutkan dengan teknik bebas libat cakap dan teknik catat. Metode analisis yang digunakan adalah metode agih dan teknik yang digunakan yaitu urai unsur terkecil.

Simpulan yang didapatkan dari penelitian diperoleh 10 tipe-tipe reduplikasi adverbia bahasa Indonesia, yaitu: (D + R), ((D + ber-) + R), ((D + ber-/-an) + R), ((D + R) + meN-), ((D + se-) + R), ((D + se-/-nya) + R), ((D + R) + -an), ((D + R) + ke-/-an), ((D + ter-) + R), dan ((D + R) + -nya). Diperoleh juga jenis kata yang dapat membentuk reduplikasi adverbia, yaitu: kelas kata adverbia, kelas kata adjektiva, kelas kata nomina, kelas kata verba, dan kelas kata numeralia. Ditemukan pula bahwa reduplikasi dalam bahasa Indonesia bisa mengubah kelas kata (derivasi) dan tidak mengubah kelas kata (infleksi). Terdapat tiga reduplikasi infleksi, yaitu: (D + R), ((D + se-/-nya) + R), dan ((D + R) + meN-). Terdapat tujuh reduplikasi derivasi, yaitu: (D + R), ((D + ber-) + R), ((D + se-) + R), ((D + R) + -an), ((D + R) + ke-/-an), ((D + ber-/-an) + R), dan ((D + R) + -nya).

×
Penulis Utama : Edina Yasmin Ramadhanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0216023
Tahun : 2022
Judul : Reduplikasi Adverbia Bahasa Indonesia dalam Perspektif Derivasi dan Infleksi: Studi Kasus Novel Karya Andrea Hirata
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : reduplikasi adverbia, derivasi, infleksi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Henry Yustanto, M. A.
2. Dr. Hanifullah Syukri, M.Hum.
Penguji : 1. Dr. FX Sawardi, M. Hum.
2. Bakdal Ginanjar, S.S., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.