Penulis Utama : Evita Malini
NIM / NIP : K3117027
×

Evita Malini. K3117027. SOCIAL COMPARISON PADA SISWA SMA NEGERI KARANGPANDAN DITINJAU DARI SELF-ESTEEM. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2021.
Tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan profil social comparison dan self-esteem siswa SMA Negeri Karangpandan; (2) Mendeskripsikan hubungan social comparison dengan self-esteem siswa SMA Negeri Karangpandan; (3) Mendeskripsikan perbedaan social comparison dan self-esteem siswa kelas X, XI, XII; (4) Mendeskripsikan perbedaan social comparison dan self-esteem siswa laki-laki dan perempuan; (5) Mendeskripsikan pengaruh antara social comparison dan self-esteem siswa SMA Negeri Karangpandan.
Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Subjek penelitian yaitu 159 siswa SMA Negeri Karangpandan dengan teknik proportional stratified random sampling. Pengumpulan data dengan analisis dokumentasi dan skala. Analisis dokumentasi, mengumpulkan data jumlah siswa. Skala social comparison menggunakan The Upward and Downward Appearance Comparison Scale milik O’Brien et.al, sedangkan skala self-esteem menggunakan The Coopersmith Self-Esteem Inventory milik Coopersmith. Analisis data menggunakan (1) analisis deskriptif, mendeskripsikan profil social comparison dan self-esteem; (2) analisis korelasi Product Moment, menemukan hubungan social comparison dengan self-esteem; (3) uji One Way Anova, menemukan perbedaan social comparison dan self-esteem siswa kelas X, XI, XII; (4) uji-t, menemukan perbedaan social comparison dan self-esteem siswa laki-laki dan perempuan; (5) analisis regresi linier, menemukan pengaruh social comparison dengan self-esteem.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Siswa SMA Negeri Karangpandan memiliki social comparison dan self-esteem yang sedang. (2) Terdapat hubungan yang signifikan dan negatif antara social comparison dengan self-esteem dimana nilai signifikansi 0,001 dan nilai koefisien korelasi -0,267. (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan social comparison dan self-esteem siswa kelas X, XI, XII SMA Negeri Karangpandan. (4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan social comparison dan self-esteem siswa laki-laki dan perempuan. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara social comparison dengan self-esteem.
Penelitian ini memberikan sumbangan pada ilmu bimbingan dan konseling dalam bidang psikologi sosial. Melalui penelitian ini guru BK mampu memberikan pemahaman pentingnya penghargaan diri, memberikan pelatihan untuk mengenali diri sehingga mampu mengatasi perbandingan sosial yang terjadi.

×
Penulis Utama : Evita Malini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3117027
Tahun : 2022
Judul : Social Comparison pada Siswa SMA Negeri Karangpandan Ditinjau dari Self-Esteem
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : social comparison; self-esteem; siswa SMA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Asrowi, M.Pd
2. Agus Tri Susilo, S.Pd., M.Pd
Penguji : 1. Adi Dewantoro, S.Pd., M.Pd
2. Citra Tectona Suryawati, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.