Penulis Utama : Siwi Febriyandari
NIM / NIP : K1315049
×

Siwi Febriyandari. K1315049. ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SALAM TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2021.                                                                       

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan literasi matematika pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salam dengan kepercayaan diri rendah; (2) mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan literasi matematika pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salam dengan kepercayaan diri sedang; (3) mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan literasi matematika pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salam dengan kepercayaan diri tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari 6 siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Salam. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan hasil tes angket kepercayaan diri siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara. Validasi data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kemampuan literasi matematika siswa dengan kepercayaan diri rendah mampu memenuhi 1 indikator kemampuan literasi matematika, yaitu siswa dapat memahami masalah dan menginterpretasikan informasi atau situasi matematika yang berkaitan dengan skala pada model; 2) kemampuan literasi matematika siswa dengan kepercayaan diri sedang mampu memenuhi 2 indikator kemampuan literasi matematika, yaitu siswa dapat mendeskripsikan hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas dasar matematika dan mengubah masalah realistik ke dalam bentuk matematika. Siswa dapat memahami masalah dan menginterpretasikan informasi atau situasi matematika yang berkaitan dengan skala pada model. Terdapat siswa dengan kepercayaan diri sedang yang memenuhi 4 indikator kemampuan literasi matematika, namun seperti karakter siswa dengan kepercayaan diri sedang masih belum teliti dalam menentukan penyelesaian pada jawaban akhir; 3) kemampuan literasi matematika siswa dengan kepercayaan diri tinggi mampu memenuhi 4 indikator kemampuan literasi matematika, yaitu siswa dapat mengidentifikasikan dan memahami masalah, siswa dapat mendeskripsikan hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas dasar matematika dan mengubah masalah realistik dalam bentuk matematika, siswa dapat memahami masalah dan menginterpretasikan informasi atau situasi matematika yang berkaitan dengan skala pada model, siswa dapat merencanakan dan menyusun strategi serta memecahkan masalah matematika.

×
Penulis Utama : Siwi Febriyandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1315049
Tahun : 2022
Judul : Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Salam Tahun Ajaran 2021/2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : kemampuan literasi matematika, kepercayaan diri.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yemi Kuswardi, S.Si, M.Pd.
2. Ira Kurniawati, S.Si, M.Pd.
Penguji : 1. Sutopo, S.Pd, M.Pd.
2. Drs. Ponco Sujatmiko, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.