Penulis Utama : Aminudin
NIM / NIP : A121808004
×

ABSTRAK

 

Aminudin. A121808004. Kontribusi Kekuatan Otot Tungkai, Fleksibilitas Sendi Panggul, Keseimbangan, dan Koordinasi Mata-Kaki terhadap Ketepatan Shooting Sepak bola (Studi Korelasional pada Siswa Ekstrakurikuler Sepak bola SMAN 1 Sidareja dan SMK Yos Soedarso Sidareja). Tesis. Pembimbing I : Prof. Dr. Sugiyanto. Pembimbing II : Dr. Hanik Liskustyawati, M.Kes. Surakarta. Program Pascasarjana, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2020.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kontribusi kekuatan otot tungkai terhadap ketepatan shooting bola, (2) kontribusi fleksibilitas sendi panggul terhadap ketepatan shooting bola, (3) kontribusi keseimbangan terhadap ketepatan shooting bola, (4) kontribusi koordinasi mata-kaki terhadap ketepatan shooting bola, (5) kontribusi kekuatan otot tungkai, fleksibilitas sendi panggul, keseimbangan dan koordinasi mata-kaki secara bersama-sama terhadap ketepatan shooting bola.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif korelasional dengan rancangan analisis regresi. Sampel yang digunakan adalah siswa ekstrakurikuler sepak bola SMAN 1 Sidareja dan SMK Yos Soedarso Sidareja dengan jumlah 65 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik analisis data mengunakan analisis regresi dengan bantuan software SPSS versi 20. Terdapat empat variabel bebas dalam penelitian ini yaitu kekuatan otot tungkai, fleksibilitas sendi panggul, keseimbangan dan koordinasi mata-kaki. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah ketepatan shooting bola. Tes yang digunakan untuk mengetahui kekuatan otot tungkai  yaitu Leg Dynamometer,  Sit And Reach untuk mengetahui fleksibilitas sendi panggul, Bass Test untuk mengetahui keseimbangan pemain, dan  Soccer Volley Test untuk mengetahui kemampuan koordinasi mata-kaki. Sedangkan untuk mengetahui ketepatan shooting bola dilakukan tes ketepatan shooting sepak bola.

Pada penelitian ini disimpulkan bahwa, (1) Ada hubungan positif yang signifikan antara variabel kekuatan otot tungkai dengan ketepatan shooting bola, variabel kekuatan otot tungkai memberikan kontribusi sebesar 21,45%. (2) Ada hubungan positif yang signifikan antara variabel fleksibilitas sendi panggul dengan ketepatan shooting bola, variabel fleksibilitas sendi panggul memberikan kontribusi sebesar 26,76%. (3) Ada hubungan positif yang signifikan antara variabel keseimbangan dengan ketepatan shooting bola, variabel keseimbangan memberikan kontribusi sebesar 19,32%. (4) Ada hubungan positif yang signifikan antara variabel koordinasi mata-kaki dengan ketepatan shooting, variabel koordinasi mata-kaki memberikan kontribusi sebesar 23,02%. Sedangkan seluruh variabel independen memberikan kontribusi sebesar 90,6% terhadap ketepatan shooting bola.

×
Penulis Utama : Aminudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121808004
Tahun : 2022
Judul : Kontribusi Kekuatan Otot Tungkai, Fleksibilitas Sendi Panggul, Keseimbangandan Koordinasi Mata-Kaki terhadap Ketepatan Shooting Sepak Bola
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2022
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Kata kunci : Kekuatan, Fleksibilitas, Keseimbangan, Koordinasi, Shooting Sepak bola.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://www.bircu-journal.com/index.php/birle
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Dr. Hanik Liskustyawati M.Kes
Penguji : 1. Dr. Slamet Riyadi, S.Pd., M.Or
2. Dr. Waluyo M.Pd
Catatan Umum : Tesis ini masih bisa disempurnakan dalam penelitian pengembangan. Semoga tesis ini dapat bermanfaat kususnya pada para pelatih sepak bola dan umumnya pemain sepakbola
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.