Penulis Utama : Dyah Anis Nuresti
NIM / NIP : K7116047
×

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA dan PRAKARYA (SBdP) TENTANG KARYA SENI KOLASE PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KECILA TAHUN AJARAN 2020/2021Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2022

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah penerapan model Visualization, Auditory, Kinesthetik (VAK), (2) meningkatkan hasil belajar SBdP tentang karya seni kolase pada siswa kelas IV, serta (3)mendeskripsikan kendala yang dialami dan solusinya dalam  penerapan model Visualization Auditory Kinesthetic (VAK).

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif  dilaksanakan dalam tiga siklus dengan enam kali pertemuan, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar  Negeri2 Kecila Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 20 siswa. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Hasil penelitian meliputi (1) Penerapan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) dengan langkah (a) penjelasan guru menggunakan hasil karya kolase, (b) mewujudkan karya, (c) menyeleksi hasil karya, (d) menghasilkan karya kolase sesuai indikator. (2) Peningkatan Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) tentang kolase dengan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK), terbukti dapat meningkatkan presentase ketuntasan belajar pada siswa, terlihat dari siklus I sebesar 52,50%, siklus II meningkat menjadi 70,00% dan pada siklus III meningkat menjadi 87,50%. (3) Kendala pada penelitian kali ini adalah masih ada siswa yang mengalami kesulitan saat melakukan karya dan solusi guru memberikan rangsangan dan motivasi kepada siswa agar percaya diri.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) dapat meningkatkan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) tentang kolase kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 KecilaTahun  Ajaran 2020/2021.

×
Penulis Utama : Dyah Anis Nuresti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116047
Tahun : 2022
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Visualization, Auditor Y, Kinesthetic (Vak) dalam Peningkatan Hasil Belajar SBDP tentang Karya Seni Kolase pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Kecila Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Visualization Auditory Kinesthetic (VAK), Kolase, Hasil Belajar.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti S., M.Pd.
2. Drs. Wahyudi M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Suhartono, M.Pd.
2. Drs. M Chamdani, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.