Penulis Utama : Rutiana Dwi Wahyunengseh
Penulis Tambahan : 1. Sri Hastjarjo [ed.]
2.
NIM / NIP : 196911062003122009
Tahun : 2011
Judul : Meretas Batas Membentang Harapan: Perencanaan Kota Berbasis Visi dan Sinergitas (Pembelajaran dari Kota Surakarta)
Edisi : Cetakan 1, Nopember 2011
Imprint : Surakarta - UNS Press - 2011
Kolasi : 64 halaman
Sumber : UNS-UNS Press-196911062003122009
Subyek :
Jenis Dokumen : E-book
ISSN :
ISBN : 978-973-498-606-6
Abstrak :

Bagian Pertama: Pilihan Strategi Pengelolaan Kota
Strategi Pengelolaan Kota dipengaruhi oleh Kecenderungan pilihan model governance. Dan pilihan model governance dipengaruhi oleh dinamika sosial. Bagian pertama ini mengupas tentang; (1) apakah yang dimaksud dengan model governance; (2) apakah yang dimaksud dengan dinamika sosial; (3) bagaimana relasi dinamika sosial dengan pilihan model governance; dan (4) pengalaman Kota Surakarta mengelola dinamika sosial dan pilihan governance

Bagian Kedua: Pengelolaan Dimensi Empirik Governance Bagian kedua ini akan membahas tentang bagaimana mengelola kota berdasar pilihan model governance yang menjadi kiblat pemerintah kota. Cara pengelolaan kota berdasarkan pada pilar governance, yaitu pemerintah, dunia usaha, masyarakat, relasi diantara ketiga pilar tersebut.

Bagian Ketiga: Pengelolaan Faktor Internal dan Faktor Eksternal untuk Mengembangkan Public Governance Bagian ketiga ini membahas tentang bagaimana mengelola faktor internal dan faktor eksternal untk mengembangkan public governance. Pembahasan mencakup bagaimana mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan internal organisasi pemerintahan, dan bagaimana mengidentifikasi peluang dan ancaman eksternal
pemerintah. Bagian ketiga ini juga mengupas best practices dari Kota Surakarta dalam hal bagaimana menghasilkan perencanaan pembangunan daerah yang berbasis nilai-nilai publik. Pembahasan mencakup: (1) bagaimana mengidentifikasi kriteria nilai-nilai kepublikan yang diarusutamakan; (2) bagaimana mengembangkan manajemen integratif dalam perencanaan pembangunan; dan (3) bagaimana mengembangkan komitmen komponen governance untuk bersinergi dalam implementasi dan pengendalian skenario pembangunan yang direncanakan. Pada bagian ini juga akan disajikan implikasi tantangan yang dihadapi ke depan dengan pola pengembangan perencanaan pembangunan daerah seperti sekarang ini.

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Dokumen Karya Dosen : rutiana_meretas batas.pdf
Status : Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP