Penulis Utama : Rutiana Dwi Wahyunengseh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : 196911062003122009
Tahun : 2012
Judul : PKK, Perlukah (dibubarkan)? : Upaya Meneguhkan Panggilan PKK Mengemban Amanah
Edisi : Cetakan 1, Maret 2012
Imprint : Surakarta - Yayasan Satu Karsa karya (YSKK) - 2012
Kolasi : 112 halaman
Sumber : UNS-Yayasan Satu Karsa karya (YSKK)-196911062003122009
Subyek :
Jenis Dokumen : E-book
ISSN :
ISBN : 978-979-17508-1-3
Abstrak :

Buku berjudul PKK, (Perlukah) DIBUBARKAN? Upaya Meneguhkan Panggilan PKK Mengemban Amanah ini merupakan rekaman atau pendokumentasian Pengalaman Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) atau Foundation for Achieving the Unity of Will and Action Toward Developing Civil Society Mendampingi PKK Berprogram di Kabupaten Gunungkidul Tahun 2009-2011.

Buku ini diterbitkan atas kerjasama dengan TIFA Foundation Buku ini berdasarkan pengalaman Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) mendampingi gerakan PKK di Kabupaten Gunungkidul tahun 2009-2012

Bab-bab yang disajikan di dalam buku ini menggambarkan kesatuan alur pemikiran yang mempertanyakan eksistensi PKK dan tantangan pengembangannya.

Bab 1 berjudul “Dilahirkan Untuk Berkarya”, memaparkan menuliskan ulang tentang Sejarah perkembangan PKK dari awal hingga tahun 2011; visi dan misinya, serta kunci pelajaran yang dapat direnungkan dari perjalanan pertumbuhan organisasi PKK.  Isi uraian bab I menjadi dasar pembaca untuk mengingat kembali amanah agung PKK.  Dari bab I ini pembaca juga diharapkan dapat menakar peluang dan tantangan pengembangan PKK.

            Bab 2 berjudul “Makna Rentetan Sejarah”, menceritakan perkembangan PKK dengan amanah yang diembannya. Seiring perkembangan PKK, banyak peluang yang tersedia, termasuk dukungan pemerintah maupun lembaga non pemerintah lainnya.  Peluang yang tersedia tentu saja tidak akan bermakna, jika tidak ditanggapi secara tepat, sesuai amanah kelahiran PKK.

            Bab 3 berjudul “Meretas Batas”, artinya mengidentifikasi tantangan atau kendala yang dihadapi PKK untuk menggapai misinya atau mengemban amanahnya.

Bab 4 berjudul “ PKK, Meneguhkan Panggilan” menya­ji­kan membahas tantangan pengembangan strategi alternatif bagi PKK, supaya dapat melakukan fungsinya sebagai agen pemberdayaan kesejahteraan keluarga lebih optimal.  Bagaimana PKK mampu mengatasi hambatan “hubungan kekuasaan” yang tersembunyi dalam struktur organisasi PKK?  Bagaimana strategi PKK untuk mengatasi pelabelan bias gender yang melekat pada organisasi PKK.  Bagian ini akan mengurai sari pembelajaran dan usulan revitalisasi fungsi PKK berdasar studi kasus Kabupaten Gunungkidul

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Dokumen Karya Dosen : rutiana_pkk perlukah.pdf
Status : Public
Pembimbing :
Catatan Umum : Buku ini diterbitkan atas kerjasama dengan TIFA FoundationBuku ini berdasarkan pengalaman Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) mendampingi gerakan PKK di Kabupaten Gunungkidul tahun 2009-2012
Fakultas : Fak. ISIP