Penulis Utama : Puji Nur Ekowati
NIM / NIP : K6417055
×

ABSTRAK
Puji Nur Ekowati. K6417055. OPTIMALISASI AKSESIBILITAS PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) MELALUI PROGRAM PENJARINGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) FADHILAH UMMAH SUKOHARJO. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui optimalisasi aksesibilitas pemenuhan hak pendidikan bagi ABK melalui program penjaringan yang dilakukan oleh SLB Fadhilah Ummah dan (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari optimaliasasi aksesibilitas pemenuhan hak pendidikan bagi ABK melalui program penjaringan yang dilakukan oleh SLB Fadhilah Ummah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi peristiwa upaya pemenuhan hak pendidikan ABK yang dilakukan oleh SLB Fadhilah Ummah (pelaksanaan program penjaringan dan pelaksanaan pembelajaran), informan (kepala sekolah, guru, dan peserta didik SLB Fadhilah Ummah), dan dokumen (database peserta didik, dokumentasi kegiatan sekolah, buku penjaringan, arsip surat pernyataan kerja sama dengan stakeholders, dan undang-undang yang relevan). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, menyaring data, mengolah data, dan menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Upaya pemenuhan hak pendidikan bagi ABK yang dilakukan oleh SLB Fadhilah Ummah dapat berjalan secara optimal karena peserta didik mendapatkan hak-haknya secara adil sesuai dengan karakteristik masing-masing dan (2) Upaya optimalisasi pemenuhan hak pendidikan bagi ABK dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu faktor dari sisi ABK yang bersikap kurang terbuka atau dari stakeholder tentang masalah administrasi yang tidak mendukung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah upaya optimalisasi pemenuhan hak pendidikan bagi ABK oleh SLB Fadhilah Ummah dapat berjalan baik meski menemui berbagai hambatan baik secara interen maupun eksteren. Saran dari penulis yaitu SLB Fadhilah Ummah hendaknya mendokumentasikan kegiatan penjaringan dalam bentuk gambar sehingga dapat diarsipkan, bagi stakeholders hendaknya mendukung upaya optimalisasi pemenuhan hak pendidikan ABK, dan bagi peserta didik hendaknya memanfaatkan layanan pendidikan dengan sebaik-baiknya.

×
Penulis Utama : Puji Nur Ekowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6417055
Tahun : 2022
Judul : Optimalisasi Aksesibilitas Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Melalui Program Penjaringan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Fadhilah Ummah Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : hak pendidikan, keadilan, ABK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Moh. Muchtarom, S.Ag., M.Si
2. Dr. Rima Vien Permata Hartanto, S.H., M.H
Penguji : 1. Dr. Moh. Muchtarom, S.Ag., M.Si
2. Dr. Rima Vien Permata Hartanto, S.H., M.H
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.