Penulis Utama : Nira Luthfiana Prima
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4317043
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Materi Sistem Saraf Nesy Class Berbasis Bot Telegram untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Nira Luthfiana Prima. K4317043. Pengembangan Media Pembelajaran Materi Sistem Saraf Nesy Class Berbasis Bot Telegram untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Februari 2022. 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui karakteristik media pembelajaran berbasis bot Telegram untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis bot Telegram untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA, (3) Mengetahui hasil penerapan media pembelajaran berbasis bot Telegram terhadap motivasi belajar siswa SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (analyse, design, development, implementation, evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Surakarta. Subjek penelitian adalah validator ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara guru, dan angket-angket analisis kebutuhan, validasi materi, validasi media, validasi bahasa, respon guru, respon siswa, dan motivasi. Analisis yang digunakan yaitu, analisis rasch. Karakteristik media Nesy Class berbasis bot Telegram merupakan media pembelajaran mobile learning yang berisikan materi sistem saraf. Nesy Class berbasis bot Telegram menyajiikan materi berupa pesan teks, gambar dan video yang dapat di akses pada smartphone  dan laptop. Hasil validasi ahli diketahui bahwa media Nesy Class berbasis bot Telegram sangat layak untuk dapat digunakan dalam penelitian dan pembelajaran. Respon guru dan siswa juga baik tehadap media Nesy Class berbasis bot Telegram. Media Nesy Class berbasis bot Telegram berpotensi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil dari dara angket motivasi pre dan post diketahui terjadi peningkatan sebesar 16,67% setelah penggunaan media Nesy Class berbasis bot Telegram.

Kata kunci: bot, telegram, sistem saraf, rasch, motivasi

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Meti Indrowati, S.Si., M.Si.
2. Dr. Slamet Santosa, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP