Penulis Utama : Indah Pratiwi Setiyo Rahayu
NIM / NIP : K6417034
×

Indah Pratiwi Setiyo Rahayu. K6417034. PERAN ORGANISASI SAYAP PARTAI DALAM PENDIDIKAN POLITIK GENERASI PEMUDA (Studi Kasus DPC PDI-P Kecamatan Laweyan Kota Surakarta). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, November 2021.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peran organisasi sayap partai dalam melaksanakan kewajiban partai PDI Perjuangan dalam memberikan pendidikan politik bagi generasi muda (2) kendala organisasi sayap partai dalam melaksanakan kewajiban partai PDI Perjuangan dalam memberikan pendidikan politik bagi generasi muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan penelitian deskriptif, dengan sumber data yang digunakan oleh informan, dokumen, tempat dan peristiwa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, kemudian validasi data dengan menggunakan triangulasi data dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

            Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa partai PDI Perjuangan telah melaksanakan kewajibannya dalam pemberian pendidikan politik melalui organisasi sayap  Komunitas Juang dengan beberapa tahapan yang didalamnya telah sesuai dengan kurikukulum pendidikan politik partai berupa :

 1) pembinaan 1-4 dimana calon generasi muda siap dipimpin oleh ide, dinikmati dengan gagasan, membawa dan menanamkan semangat pengabdian hidup dari Soekarno yang di dalamnya ada makna mengabdikan hidup untuk Tuhan dan tanah air satu bangsa. materi yang dapat menumbuhkan rasa pengamalan hak dan kewajiban manusia dalam suatu kehidupan. Pemberian materi didasarkan pada 3 orientasi yaitu Karakter, Kompetensi, dan Kapasitas. 2) BINGAB (Pembinaan Gabungan) dilaksanakan oleh calon kader Komunitas Juang yang berada di wilayah Karesidenan Surakarta. 3) Psikologi game diadakan bagi calon kader Komunitas Juang yang berada di wilayah Karesidenan Surakarta yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian, disiplin, sikap cinta tanah air, kegiatan berupa outbound dan diklat kepemimpinan  4) Pelantikan sebagai acara puncak dilaksanakan di tingkat Dewan Pimpinan Daerah di Semarang, Jawa Tengah, dimana generasi muda yang telah mengikuti rangkaian acara pada proses pendidikan politik akan diambil sumpah untuk senantiasa setia kepada pancasila, Undang-Undang serta partai politik. kendala  dari proses pendidikan politik yang dilaksanakan oleh partai PDI Perjuangan melalui Komunitas Juang meliputi kendala eksternal dan internal. Kendala internal terkait komitmen, disiplin, dan hambatan dari pemerintah serta  masyarakat.

 

×
Penulis Utama : Indah Pratiwi Setiyo Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6417034
Tahun : 2022
Judul : Peran Organisasi Sayap Partai Dalam Pendidikan Politik Generasi Muda(Studi Kasus di DPC PDI Perjuangan Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Organisasi sayap, pendidikan politik, partai politik
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum.
2. Erna Yuliandari, SH, MA
Penguji : 1. Dr. Moh. Muchtarom, S.Ag, M.S.I.
2. Dr. Rima Vien Permata Hartanto, S.H., M.H
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.