Penulis Utama : Anisa Sulistiani
NIM / NIP : K6417008
×

ABSTRAK

Anisa Sulistiani. PENGARUH PEMAHAMAN TENTANG NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP ETIKA DIGITAL SISWA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL (STUDI PADA SISWA SMA NEGERI 6 SURAKARTA). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. Oktober 2021.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila terhadap etika digital siswa dalam menggunakan media sosial pada siswa SMA Negeri 6 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma sederhana dengan satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII SMA Negeri 6 Surakarta yaitu sebanyak 743 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Sampel diambil sebesar 15?ri populasi yaitu sebanyak 111 sampel atau responden yang berasal dari kelas XI dan XII. Pengumpulan data menggunakan teknik tes soal pilihan ganda pada variabel pemahaman nilai-nilai Pancasila, sedangkan pengumpulan data variabel etika digital siswa digunakan teknik angket skala likert. Untuk menguji ketepatan dan kesahihan data pemahaman nilai-nilai Pancasila dan etika digital digunakan uji validitas dan reliabilitas. Adapun untuk menghitung valid tidaknya butir tes dan angket digunakan rumus korelasi product moment yang dikemukakan oleh Pearson. Sedangkan rumus untuk menguji reliabilitas data dalam penelitian ini digunakan rumus KR20. Adapun teknik analisis data digunakan teknik analisis statistik regresi satu prediktor.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemahaman nilai-nilai Pancasila terhadap etika digital siswa dalam menggunakan media sosial. Hasil perhitungan penelitian antara variabel X dan variabel Y menunjukkan korelasi yang positif, ditunjukkan dengan didapatkannya nilai rxy = 0,451 hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan rtabel dengan N=111 dan taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel sebesar 0,1865 sehingga rhitung > rtabel yaitu 0, 451 > 0,1865 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Besaran sumbangan determinasi sebesar 20,35%, persamaan garis regresi diperoleh persamaan Y= a+bx yaitu Y= 41,639 + 0,189X memiliki arti bahwa setiap kenaikan satu satuan pemahaman nilai-nilai Pancasila (x) akan diikuti dengan kenaikan etika digital siswa (y) sebesar kemiringan gradien garis regresi 0,189. Siswa yang memiliki pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila akan mempengaruhi etika digital siswa dalam menggunakan media sosial. Pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila merupakan salah satu faktor yang dapat membentuk etika digital seseorang dalam menggunakan media sosial.

Kata kunci: nilai-nilai Pancasila, etika digital, media sosial

×
Penulis Utama : Anisa Sulistiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6417008
Tahun : 2022
Judul : Pengaruh Pemahaman tentang Nilai-nilai Pancasila terhadap Etika Digital Siswa dalam Menggunakan Media Sosial (Studi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-2022
Kata Kunci : nilai-nilai Pancasila, etika digital, media sosial
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hassan Suryono, S.H., M.H., M.Pd.
2. Yudi Ariana, S.H., M.H.
Penguji : 1. Dr. Winarno, M.Si
2. Dr. Rini Triastuti, S.H., M.Hum.
Catatan Umum : Belum mengisi link dokumen (1)
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.