Penulis Utama : Hilda Ayu Ristyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0017227
Tahun : 2021
Judul : Pelaksanaan Pemungutan Pajak Pertambahan Nilai Produk Digital Asing di Indonesia (Studi Akses Streaming Film pada Netflix)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-E0017227
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan pemungutan PPN produk digital asing di Indonesia dan hambatan yang dihadapi serta solusinya.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif preskriptif. Jenis bahan hukum tersebut adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder kemudian menggunakan teknik analisis deduktif.
Hasil penelitian adalah Direktur Jenderal Pajak melalui KPP Badora berdasarkan Pasal 10 ayat (1) Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-12/PJ/2020 yaitu jenis PPN terhadap pelaku usaha Asing betnama  Netflix.Hal ini merupakan tindak lanjut dari Perpu 1/2020 dan PMK 48/2020 yang mengatur pemungutan PPN untuk transaksi digital dari 850.000 pelanggan Netflix di Indonesia. Hubungan dan karakteristik pemungutan PPN Indonesia dengan tiga asas prioritas yaitu keadilan hukum, kemanfaatan hukum, dan kepastian hukum telah terpenuhi.
Dirjen Pajak menghadapi kendala, masih kesulitan dalam fungsi pengendalian kepatuhan tanggung jawab perpajakan atas transaksi digital luar negeri, Potensi Hilangnya Aset Transaksi Digital di Indonesia, masih mengikuti perkembangan OECD Consensus Agreement. Solusi yang diambil adalah OJK menetapkan kebijakan regulasi Perpu 1/2020 dan PMK 48/2020 untuk diterapkan di wilayah teritorial di Indonesia.

Kata kunci: pajak transaksi digital, PPN, Netflix.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wasis Sugandha, S.H, M.H
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum