Penulis Utama : Viska Wahyu Arianti
NIM / NIP : S211802004
×

LATAR BELAKANG: Kanker paru adalah penyakit keganasan di paru yang berasal dari paru sendiri yaitu berasal dari epitel bronkus. Epidermal growth factor receptor (EGFR) merupakan salah satu penanda molekular yang digunakan pada kanker paru. Adeno Ca, salah satu anggota kanker paru karsinoma bukan sel kecil, adalah jenis kanker paru yang diketahui memiliki insidens tinggi terjadinya mutasi EGFR sehingga mengakibatkan peningkatan kadar EGFR. Computed Tomography (CT) Scan toraks adalah salah satu modalitas radiologi yang berpotensi menjadi alternatif pemeriksaan untuk evaluasi sebelum terapi EGFR- Tyrosine Kinase Inhibitor (EGFR-TKI) diberikan pada pasien dengan Adeno Ca paru. CT Scan toraks berpotensi juga menjadi alternatif sebagai prediktor adanya mutasi EGFR pada Adeno Ca paru, namun penelitian mengenai hal tersebut masih sedikit hingga saat ini, terutama pada pasien dengan Adeno Ca paru yang juga memiliki metastasis paru.
TUJUAN: Mengetahui hubungan karakteristik CT Scan toraks dengan EGFR pada pasien Adeno Ca paru metastasis paru di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.
METODE: Penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dilakukan pada pasien Adeno Ca paru yang disertai metastasis paru yang telah menjalani pemeriksaan CT Scan toraks dan pemeriksaan EGFR di RSUD Dr. Moewardi Surakarta pada rentang waktu Januari 2018 hingga November 2020.
HASIL: Terdapat 65 subjek pada penelitian ini dimana 32 subjek dengan EGFR positif dan 33 subjek dengan EGFR negatif. Berdasarkan analisis hubungan karakteristik CT Scan toraks dengan EGFR pada pasien Adeno Ca paru metastasis paru, ditemukan hubungan yang signifikan secara statistik antara temuan CT Scan toraks berupa lokasi tumor, ukuran tumor, dan densitas tumor dengan EGFR. Lokasi tumor di perifer meningkatkan risiko EGFR positif sebesar 11,56 kali lebih tinggi (OR=11,56; 95%CI 3,57-37,33; p<0 OR=8,00; OR=5,21; p=0,002).>KESIMPULAN: Ada hubungan antara temuan CT Scan toraks berupa lokasi tumor, ukuran tumor, dan densitas tumor dengan EGFR serta tidak ada hubungan antara temuan CT Scan toraks berupa batas tumor dan temuan lain di luar tumor primer dengan EGFR pada pasien Adeno Ca paru metastasis paru di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

KATA KUNCI: CT Scan toraks, EGFR, Adeno ca paru metastasis paru

 

×
Penulis Utama : Viska Wahyu Arianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S211802004
Tahun : 2021
Judul : Hubungan Karakteristik Ct Scan Toraks Dengan EGFR pada Pasien Adeno Ca Paru Metastasis Paru di RSUD Dr. Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : PPDS Radiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S211802004
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. dr. Widiastuti, Sp.Rad (K) TR
2. Dr. dr. Hari Wujoso, Sp.F, MM
Penguji : 1. Dr. Yusup Subagio Sutanto, dr., Sp.P(K), FISR.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.